alexametrics

Pencapresan Rhoma hanya jokes jelang Pilpres 2014

loading...
Pencapresan Rhoma hanya jokes jelang Pilpres 2014
Rhoma Irama (Ist)
A+ A-
Sindonews.com - Rencana Raja Dangdut Rhoma Irama untuk maju sebagai calon presiden (capres) 2014 mendatang, dianggap sekedar jokes politik.

Seperti diketahui, Rhoma mengakui jika pencalonan dirinya sebagai presiden memang baru sebatas wacana. Namun, bukan berarti dia tidak boleh untuk maju sebagai orang nomor satu di Indonesia.

"Kan dia bilang masih menunggu partai yang akan melamar dia. Kalau hanya partai kecil di bawah tiga persen, ya itu jokes dong. Syarat untuk mencalonkan capres 20 persen kursi DPR atau 250 persen suara nasional," kata pakar komunikasi politik Effendi Ghazali, melalui pesan singkatnya kepada Sindonews, Minggu (18/11/2012) malam.



Effendi mengatakan, meski fenomena pemilih di Indonesia umumnya menginginkan tokoh alternatif. Tapi dalam komunikasi politik perlu ada kejelasan dari tokoh dan partai politik (parpol) dalam mencalonkan figurnya sebagai capres.

"Bahwa publik suka tokoh alternatif, itu benar. Tapi komunikasi politik kan perlu kejelasan partai, dan ya boleh saja (pencapresan Rhoma) sebagai testing the water. Tapi kalimatnya jangan karena didesak," ucapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, jika Rhoma mengakui tidak mengetahui pencalonannya dan hanya karena keterdesakkan. Menurut Effendi, percuma saja kalau semua itu hanya karena ambisi.

"Kalau dia selalu bilang, dia didesak, padahal bagi dia jabatan presiden menakutkan. Ya kalau dia didesak terus tapi dia ternyata berambisi, ya lama-lama dia akan jatuh," ujarnya.

Namun, seperti kebanyakan yang sudah terjadi. Jika sudah ada calon yang bisa dikatakan menjanjikan. Biasanya banyak partai yang berbondong-bondong mendukungnya.

"Biasanya setelah ini, jika ada partai yang mencalonkannya dan cukup persyaratan untuk mengajukan Rhoma sebagai capres, biasanya akan ada partai yang ikut-ikutan. Ya kita tunggu saja nanti," tutupnya.

Seperti yang sudah diberitakan, Rhoma dikabarkan maju dalam perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 sebagai calon Presiden dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Rencana ini terungkap, setelah puluhan fans penggemar Rhoma melakukan aksi dukungan di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Juanda, Surabaya, pada 1 November 2012 lalu.

Puluhan penggemar Rhoma Irama yang menamakan diri Soneta Fans Club Indonesia ini membentangkan spanduk dukungan dan sejumlah poster dukungan Rhoma menjadi capres 2014, saat menyambut kedatangannya di Bandara Juanda, Surabaya.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak