alexa snippet

Akmil diminta rekrut perempuan

Akmil diminta rekrut perempuan
Ilustrasi (Istimewa)
A+ A-
Sindonews.com - Akademi TNI diminta untuk lebih memperhatikan kesetaraan gender dengan membuka kesempatan para wanita untuk masuk di akademi TNI. Sejauh ini, akademi TNI yang terdiri dari Akademi Militer (Akmil), Akademi Angkatan Laut (AAL), maupun Akademi Angkatan Udara (AAU) hanya diperuntukkan bagi laki-laki.

Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari Gumelar mengatakan, sejauh ini baru Akademi Kepolisian (Akpol) yang bersedia merekrut taruna wanita, sedangkan tiga akademi milik TNI belum mau menerima taruna wanita.

"Kita berharap Akmil ke depan punya strategi agar perempuan bisa masuk. Tapi, perempuan juga harus siap untuk dengan tugas sebagai anggota TNI," katanya usai menandatangani nota kesepahaman dengan Kementerian Pertahanan di Jakarta, Senin (22/10/2012).

Dia mengungkapkan, Kementeriannya mencatat jumlah perempuan yang berkarir di bidang pertahanan masih amat minim. Pejabat di Kementerian Pertahanan pada 2012 masih didominasi laki-laki.

Dilihat dari kepangkatan militer, tercatat 71 perwira tinggi adalah laki-laki, sedangkan perempuan hanya satu. Perwira menengah terdiri dari, 693 laki-laki dan 95 perempuan. Dan perwira pertama komposisinya yakni, 114 laki-laki, dan 26 perempuan.

"Telah terbentuk opini masyarakat bahwa pembangunan bidang pertahanan diprioritaskan bagi laki-laki. Sehingga, ada rasa enggan, dan menurunkan motivasi kaum perempuan untuk berkontribusi di bidang ini," ujarnya.
(lil)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top