Hibah pesawat F-16 tinggal kirim

Rabu, 05 September 2012 - 15:13 WIB
Hibah pesawat F-16 tinggal kirim
Hibah pesawat F-16 tinggal kirim
A A A
Sindonews.com - Pesawat jenis F-16 yang dihibahkan Pemerintah Amerika Serikat ke Indonesia tinggal menunggu waktu. Kabarnya pesawat tempur tersebut tinggal terbang ke tanah air.

"Sudah selesai, sudah ada persetujuan. Tinggal proses pengiriman," ujar Ketua Komisi I Mahfudz Siddiq di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (5/9/2012).

Mahfudz mengakui, proses pengiriman 24 pesawat F-16 itu tidak serta merta gratis begitu saja. Melainkan harus menyiapkan dana untuk biaya pengiriman pesawat itu.
"Dana perbaikan, suka cadang, biaya pengiriman," terangnya.

Sebelumnya, anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Muhammad Najib mempertanyakan biaya yang akan dikeluarkan Indonesia untuk menerima pesawat tempur itu.

"Ada biaya perawatan, agar pesawat layak terbang. Kita sedang mempertimbangkan apakah biaya itu memadai," ujarnya saat dihubungi Sindonews, di Jakarta, Selasa 4 September 2012 malam lalu.

Sementara, Wakil Ketua Komisi I Tb Hasanuddin juga sepakat tidak ada pengeluaran dana untuk hibah pesawat dari AS.

"Prinsip dasar kami sepakat hibah apapun seberapapun, asal tidak boleh mengikat atau ada udang di balik batu," tandas politikus Partai Demokrasi Indonesia perjuangan (PDIP) ini.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.8094 seconds (0.1#10.140)