Partai politik perlu munculkan tokoh sentral

Selasa, 14 Agustus 2012 - 09:17 WIB
Partai politik perlu munculkan tokoh sentral
Partai politik perlu munculkan tokoh sentral
A A A
Sindonews.com - Parpol-parpol baru perlu memunculkan figur kuat sebagai tokoh sentral untuk mengimbangi kekuatan tokoh parpol-parpol lama. Pengamat politik dari Charta Politica Yunarto Wijaya menilai, peluang parpol baru seperti Partai NasDem untuk diterima dan mendapat simpati luas dari masyarakat terbuka lebar.

Sisinya yang berada di luar lingkaran kekuasaan dan kedekatan dengan rakyat merupakan nilai tambah tersendiri bagi NasDem. Pendekatan organisasi dari bawah ke atas dan jaringan yang luas juga menguntungkan posisi NasDem. Menurut Yunarto, yang perlu lebih diperhatikan oleh parpol baru adalah memunculkan figur dengan karakter ketokohan kuat.

"Figur ini penting, karena budaya masyarakat yang cenderung masih melihat figur dan ketokohan dibanding partai. Dengan tokoh sentral, NasDem tidak hanya bakal mampu berada di level tengah, tapi juga mudah menembus papan atas," ungkap Yunarto di Jakarta, Senin 13 Agustus 2012.

Sementara itu, peneliti senior sekaligus pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro memandang, kehadiran NasDem dengan gerakan perubahannya memberi harapan baru bagi masyarakat. Semakin intensif berita korupsi politik, semakin besar pula peluang parpol-parpol baru terutama NasDem pada 2014.

"Nah, soal peluang NasDem menyejajarkan diri dengan parpol-parpol besar lainnya yang sudah berpengalaman sebagai peserta pemilu, bergantung kekuatan infrastruktur yang dibangun dan bagaimana NasDem merekrut kader-kader terbaik," ucapnya.

Siti memperkirakan, NasDem akan mengambil momentum pemilu legislatif untuk 'menggempur' medan politik dan berjaya. Hal ini tantangan bagi parpol-parpol lain yang telanjur mendapat stigma negatif lantaran banyak kadernya di parlemen yang terkait kasus dugaan korupsi.

Ketua Umum Partai NasDem Patrice Rio Capella menyatakan, pihaknya memang sudah sangat siap menghadapi Pemilu 2014 mendatang. NasDem, kata dia, sudah rutin menggelar pelatihan dan pembekalan kader termasuk bagi mereka yang diproyeksikan menjadi caleg. "Kami sangat siap. Kepengurusan NasDem telah terbentuk 100 persen di semua daerah,"sebutnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7337 seconds (0.1#10.140)