4 Lulusan Terbaik Akmil Dimutasi Jenderal Andika, Nomor 3 Punya Gelar Langka

Minggu, 23 Januari 2022 - 13:00 WIB
loading...
4 Lulusan Terbaik Akmil Dimutasi Jenderal Andika, Nomor 3 Punya Gelar Langka
Kolonel Inf Lucky Avianto dipromosikan sebagai Kapusdiklat BIN. Dia merupakan lulusan Terbaik Dikreg XLIX Seskoad (2011) dan lulusan terbaik Dikreg XLVI Sesko TNI (2019). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Gerbong mutasi perwira tinggi TNI kembali bergerak. Sebanyak 328 personel dari tiga matra mendapatkan penugasan baru.

Kebijakan mutasi jabatan dilakukan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa melalui Surat Keputusan Nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI. Dari jumlah ini, 10 orang menempati jabatan level bintang tiga.

Menurut Kapuspen TNI Mayjen TNI Prantara Santosa, mutasi jabatan merupakan hal biasa dalam organisasi TNI. Khusus mutasi kali ini, terdapat pula 28 pati yang masuk ke dalam jabatan satuan-satuan baru TNI.



"Seperti Komando Armada TNI AL, Komando Operasi Udara Nasional TNI AU, Pusat Psikologi TNI, Pusat Pengadaan TNI dan Pusat Reformasi Birokrasi TNI (diamanatkan dalam Perpres Nomor 66 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI)," kata Prantara, Minggu (22/1/2021).

Di matra Darat, Jenderal Andika melalui mutasi ini akhirnya mengisi jabatan Pangkostrad. Sosok yang dipercaya sebagai orang nomor satu Pasukan Cakra itu yakni Mayjen TNI Maruli Simanjuntak.

Maruli yang saat ini menjabat Pangdam IX Udayana mengisi kursi Pangkostrad yang selama ini dirangkap Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Seperti diketahui, pada 17 November 2021 Dudung dilantik Presiden Joko Widodo sebagai KSAD. Dengan penunjukan ini bintang emas di pundak Maruli akan bertambah satu.

Dalam mutasi kali ini terdapat pula empat lulusan terbaik Akademi Militer alias peraih penghargaan Adhi Makayasa. Salah satunya dipromosikan sebagai letjen yaitu Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa.

Baca juga: Mutasi TNI, 3 Jenderal Eks Perisai Hidup Jokowi Promosi Bintang 3

Berikut 4 Lulusan Terbaik Akmil Dimutasi

1. Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa
4 Lulusan Terbaik Akmil Dimutasi Jenderal Andika, Nomor 3 Punya Gelar Langka

Cantiasa, lulusan terbaik Akmil 1990 (Adhi Makayasa-Tri Sakti Wiratama) saat ini merupakan Pangdam XVIII/Kasuari, Papua Barat. Rekam jejaknya di militer sangat cemerlang.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1180 seconds (10.55#12.26)