Partai Nasdem pasti diterima masyarakat

Sabtu, 11 Agustus 2012 - 09:01 WIB
Partai Nasdem pasti diterima masyarakat
Partai Nasdem pasti diterima masyarakat
A A A
Sindonews.com - Meski tergolong sebagai partai politik baru, namun banyak pihak memprediksi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) segera diterima masyarakat luas di Indonesia.

Menurut Pengamat Politik Yunarto Wijaya, Nasdem memiliki kedekatan dengan rakyat, dan tidak berada dalam lingkaran pemerintah. Hal inilah, nilai plus bagi Nasdem, sehingga mendapatkan kepercayaan awal dari masyarakat.

“Tidak berada dalam lingkaran pemerintah memang menjadi keuntungan Nasdem," ujar Yunarto kepada Sindonews, Sabtu (11/8/2012).

Sebagai partai baru, Nasdem ternyata tak membutuhkan waktu lama untuk menjadi besar. Pendekatan organisasi bottom up dan jaringan luas menjadi keuntungan Nasdem.

Namun, terdapat beberapa persoalan dinilainya dapat menghambat Nasdem untuk dapat sejajar dengan partai besar lainnya.

“Partai Nasdem ini belum mempunyai tokoh yang bisa mereka usung dalam pemilu 2014. Itu yang akan menjadi penghambat mereka dalam pemilu,“ ujarnya.

Persoalan tokoh menjadi penting, karena budaya di Indonesia sampai saat ini masih melihat figur seorang tokoh bukan melihat partai semata.

“Dengan kendala itu, mereka hanya bisa masuk level tengah. Partai Nasdem akan sulit untuk bisa menembus papan atas,“ jelas Yunarto.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8666 seconds (0.1#10.140)