Jenderal Maruli Menantu Luhut Jadi Pangkostrad, PPP Sebut Pertimbangan Politik Dominan

Sabtu, 22 Januari 2022 - 14:43 WIB
loading...
Jenderal Maruli Menantu Luhut Jadi Pangkostrad, PPP Sebut Pertimbangan Politik Dominan
PPP menilai penunjukan Mayjen TNI Maruli Simanjuntak sebagai pangkostrad didominasi pertimbangan politik. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Setelah kosong dua bulan lamanya, kursi Panglima Komando Cadangan Stategis Angkatan darat ( Pangkostrad ) akhirnya diisi Mayjen TNI Maruli Simanjuntak . Mantan Pangdam Udayana itu tak lain adalah menantu Menko Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan.

Anggota Komisi I DPR Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Syaifullah Tamliha mengaku penunjukan Maruli tidak mengagetkan dan membuatnya heran. Sebab sebelumnya telah beredar rumor bahwa setelah Dudung Abdurrahman menjadi KSAD, kursi pangkostrad yang kosong akan diisi salah satu pangdam.



"Tidak bisa menyalahkan jika publik kemudian berasumsi bahwa jabatan jenderal berbintang tiga dan empat pada lingkungan TNI adalah pertimbangan politik menjadi dominan," kata Tamliha kepada wartawan, Sabtu (22/1/2022).

Kendati demkian, ia memastikan bahwa jabatan yang baru diemban oleh Mayjen Maruli merupakan jabatan yang cocok dengannya. Terlebih, kata Tamliha, Maruli juga sudah lama berada di lingkaran Istana. "Beliau kan mantan Danpampres sehingga sudah terbiasa bergaul dengan Presiden Jokowi," ujarnya.



Mayjen TNI Maruli Simanjuntak resmi menjabat pangkostrad berdasarkan Surat Keputusan (SK) Jabatan Nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI yang ditandatangani Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa pada Jumat (21/1/2022).
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1706 seconds (0.1#10.140)