BMKG Catat 291 Gempa Susulan Terjadi Pascagempa NTT

Rabu, 15 Desember 2021 - 11:00 WIB
loading...
BMKG Catat 291 Gempa Susulan Terjadi Pascagempa NTT
Tembok ambruk di Kepulauan Selayar usai diguncang gempa berkekuatan magnitudo 7,5 yang berpusat di Larantuka, NTT. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) mencatat hingga hari ini telah terjadi 291 aktivitas gempa susulan (aftershock) pasca gempa utama magnitudo (M) 7,4 di Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (14/12/2021). BMKG sempat mengeluarkan peringatan dini tsunami setelah gempa NTT tapi kemudian mencabutnya.

"Hingga hari Rabu, 15 Desember 2021 pukul 09.00 WIB, Hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 291 aktivitas gempabumi susulan (aftershock)," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno dalam keterangan resminya, Rabu (15/12/2021).

Sebelumnya dilaporkan wilayah Laut Flores diguncang gempa tektonik. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,59 LS; 122,24 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 112 km arah Barat Laut Kota Larantuka, NTT pada kedalaman 10 km.

Baca juga: Takut Gempa Susulan, Warga Terpaksa Mengungsi di Rujab Bupati Sikka

Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Benteng Selayar IV-V MMI (Getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun), Ruteng, Labuan Bajo, Larantuka, Maumere, Adonara dan Lembata III–IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), Tambolaka, Waikabubak, Waingapu III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu). Hingga saat ini terdapat laporan kerusakan bangunan gedung dan rumah penduduk di Pulau Selayar, Sulawesi Selatan akibat gempabumi tersebut.

Bahkan, dari hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini berpotensi tsunami, dengan tingkat ancaman waspada di Flores Timur Bagian Utara, Pulau Sikka, Sikka bagian utara dan Pulau Lembata. Hasil monitoring Tide Gauge menunjukkan adanya kenaikan muka air laut setinggi 7 cm di Stasiun Tide Gauge Reo dan Marapokot, Nusa Tenggara Timur. Peringatan dini tsunami telah diakhiri pada pukul 12.27 WIB.

Baca juga: Gempa Susulan M5,2 Guncang Sikka, Warga Berlarian Selamatkan Diri ke Lapangan
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1500 seconds (0.1#10.140)