Erupsi Gunung Semeru, TNI AU Ikut Kerahkan Paskhas hingga Hercules

Minggu, 05 Desember 2021 - 11:42 WIB
loading...
Erupsi Gunung Semeru, TNI AU Ikut Kerahkan Paskhas hingga Hercules
TNI AU telah membantu masa tanggap darurat pasca erupsi Gunung Merapi dengan menerjunkan pasukan dan pesawat angkut. Foto/Dispenau
A A A
JAKARTA - Seluruh elemen bangsa langsung bergerak begitu mengetahui Gunung Semeru mengalami erupsi. Segala sumber daya diberikan untuk membantu tanggap darurat bencana di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur tersebut, tak terkecuali TNI AU .

Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah menyampaikan, sebanyak 46 prajurit Lanud Abdulrachman Saleh, diterjunkan ke Lumajang pada Minggu (5/12/2021). Sehari sebelumnya TNI AU sudah mengirimkan puluhan prajurit yang terdiri dari unsur Paskhas untuk SAR, Kesehatan, Potdirga, Intel dan penerangan ke lokasi bencana.

"Misi prajurit TNI AU yang dipimpin Kadispotdirga Lanud Abdulrachman Saleh adalah menyerahkan bantuan Sembako ke posko utama di pendopo Bupati Lumajang dan lanjut mendirikan tenda posko tanggap darurat di desa terdampak Sumber Wuluh, Lumajang," kata Indan Gilang dalam keterangannya, Minggu (5/12/2021).



Indan menambahkan, pergerakan prajurit di darat juga didukung kendaraan truk logistik dan peralatan SAR, Ambulance kesehatan dan motor kawal. Saat ini, kata dia, beberapa Alusista TNI AU juga sudah bergerak ke Lanud Abdulrachman Saleh Malang.

"Satu pesawat helikopter EC-120 Colibri yang langsung dipimpin Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Malang Marsma TNI Zulfahmi melaksanakan assesment pemantauan lokasi terdampak erupsi dari udara," ujarnya.

Sementara, satu Helikopter AS-332 Super Puma bergerak dari Lanud Iswahjudi menuju Lanud Abdulrachman Saleh, Malang. "Selain itu juga disiagakan helikopter di Lanud Atang Sendjaja Bogor dan satu pesawat C-130 Hercules di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta," tutur dia.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1097 seconds (0.1#10.140)