BNPB Masih Berupaya Evakuasi Penambang Pasir yang Terjebak Erupsi Gunung Semeru

Minggu, 05 Desember 2021 - 01:45 WIB
loading...
BNPB Masih Berupaya Evakuasi Penambang Pasir yang Terjebak Erupsi Gunung Semeru
Kepala BNPB Suharyanto mengatakan penambang pasir masih berusaha dievakuasi karena pada saat kejadian erupsi Gunung Semeru dalam titik yang tidak sempat ke tempat yang lebih tinggi. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto menyebutkan sejauh ini pihaknya belum memastikan ada tidaknya pendaki gunung yang terjebak dalam bencana erupsi Gunung Semeru . Namun, ada penambang pasir yang masih dilakukan evakuasi.

"Belum ada informasi apakah ada pendaki Gunung Semeru yang terperangkap, tapi Pak Bupati menyampaikan ada penambang pasir," ujarnya pada wartawam, Sabtu (4/12/2021).

Menurutnya, penambang pasir ini yang masih berusaha dievakuasi karena pada saat kejadian erupsi dalam titik yang tidak sempat untuk evakuasi ke tempat yang lebih tinggi. Evakuasi itu masih diupayakan oleh BPBD, TNI-Polri yang ada di lokasi, termasuk unsur BNPB.

"Di lokasi debunya sangat tebal sekali, mobil-mobil yang tidak empat kali empat tidak bisa untuk mencapai sasaran tapi ini juga perkembangan akan kami pantau terus untuk diupayakan para penambang pasir bisa segera dievakuasi," tuturnya. Baca juga: Evakuasi Korban Erupsi Gunung Semeru Terkendala Jembatan Putus, BNPB Koordinasi dengan TNI-Polri

Dia menerangkan, Jembatan Gladak Perak di wilayah Desa Sumberwuluh putus tak bisa dilewati sehingga lalu lintas lumajang-malang tidak bisa dilewati, baik roda dua maupun roda empat. Akibatnya untuk evakuasi para pengungsi hanya bisa dilaksanakan ke arah Kabupaten Malang.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1638 seconds (0.1#10.140)