Penyebaran Varian Omicron Meluas, Lonjakan Kasus Terjadi di Korsel dan Jerman

Rabu, 01 Desember 2021 - 15:55 WIB
loading...
Penyebaran Varian Omicron Meluas, Lonjakan Kasus Terjadi di Korsel dan Jerman
Penyebaran varian Omicron meluas, lonjakan kasus terjadi di Korsel dan Jerman. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
JAKARTA - Ketika varian baru virus Corona penyebab COVID-19 , Omicron , muncul di Inggris dan Swiss hingga Brasil serta Australia , sejumlah negara mempersiapkan batasan perjalanan yang lebih ketat untuk membantu mempersempit penyebarannya.

Dikutip dari Bloomberg, Rabu (1/12/2021), Jepang melaporkan menemukan kasus kedua varian Omicron seperti dilaporkan NHK. Jepang pun mengatakan akan melarang warga asing yang berasal dari 10 negara di Afrika. Langkah yang sama juga dilakukan oleh Malaysia dengan dengan memasukkan Malawi.

Sementara New South Wales Australia mengkonfirmasi seorang pelancong keenam yang terinfeksi Omicron, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden diperkirakan akan segera mengumumkan persyaratan pengujian sebelum keberangkatan dengan pesawat. Saat ini, pelancong yang divaksinasi harus diuji dalam waktu tiga hari sebelum menaiki penerbangan mereka ke AS; di bawah perubahan, itu akan dipotong menjadi satu hari.



Korea Selatan (Korsel) melaporkan rekor kasus baru COVID-19 dan pasien kritis. Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea pada hari Rabu melaporkan rekor 5.123 kasus baru COVID-19 baru dan 723 pasien kritis. Pihak berwenang sedang menyelidiki dugaan infeksi omicron dan hasil tes dijadwalkan akan diumumkan hari ini, menurut badan tersebut.

Sedangkan kasus infeksi baru di Jerman melonjak dalam sehari terakhir di atas 65.000. Negara ini melaporkan total 67.186 infeksi baru, dibandingkan dengan 45.753 hari sebelumnya, menurut otoritas kesehatan masyarakat negara itu RKI. Kematian baru terkait dengan Covid-19 naik 446, sehingga totalnya menjadi 101.790. Tingkat kejadian tujuh hari turun menjadi 442,9 per 100.000 orang.

Di India , negara bagian Maharashtra telah memberlakukan karantina wajib selama tujuh hari bagi penumpang internasional yang datang dari negara-negara yang dinyatakan "berisiko" oleh pemerintah. Maharashtra merupakan pusat gelombang kedua infeksi virus corona di negara itu.



Penumpang internasional akan diizinkan untuk mengambil penerbangan lanjutan hanya jika mereka dites negatif di bandara. Semua yang terbang ke selatan kota Bengaluru dari luar negeri juga harus menjalani isolasi selama tujuh hari.

Sedangkan China melaporkan 91 infeksi lokal baru di Mongolia Dalam. Wabah di kota perbatasan terus meningkat, dengan semua kasus yang baru ditularkan ditemukan di kota Hulunbir, yang dekat dengan Rusia dan Mongolia.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2219 seconds (0.1#10.140)