ASN Diganti Robot, DPR Sebut PNS Bukan Lagi Pekerjaan Menjanjikan bagi Milenial

Selasa, 30 November 2021 - 22:13 WIB
loading...
ASN Diganti Robot, DPR Sebut PNS Bukan Lagi Pekerjaan Menjanjikan bagi Milenial
Pemerintah berencana untuk mengganti beberapa pekerjaan dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan sistem digital atau robot. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah berencana untuk mengganti beberapa pekerjaan dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan sistem digital atau robot. Terkait hal ini, Anggota Komisi II DPR dari Fraksi PAN Guspardi Gaus menilai hal itu semestinya menjadi perhatian bagi generasi milenial untuk tidak lagi menganggap PNS sebagai pekerjaan yang menjanjikan.

Menurutnya, pemerintah harus melakukan terobosan untuk mendorong dan memberikan motivasi bagi generasi millenial menciptakan pekerjaan dan inovasi yang lebih produktif. "Mindset-nya millenial harus dirubah, PNS bukan lagi merupakan pekerjaan menjanjikan dan diburu," kata Guspardi kepada wartawan di Jakarta Selasa (30/11/2021).

Guspardi berpandangan, pola berpikir milenial harus diarahkan untuk berwirausaha dengan berbagai inovasi agar mendapatkan penghasilan lebih besar dan dapat menciptakan peluang lapangan pekerjaan. "Pemerintah juga mesti mendorong dan mempunyai program untuk kaum milenial yang bernuansa terciptanya inovasi wirausaha," ujar politisi PAN ini.



Legislator asal Sumatera Barat (Sumbar) II itu juga mengharapkan agar pemerintah dapat membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya. Pemerintah juga diminta berani menungkapkan berapa jumlah PNS yang diperlukan dalam jangka waktu tertentu.

“Sehingga para sarjana tidak menatap PNS sebagai ladang pekerjaan," pungkas anggota Baleg DPR RI ini.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1322 seconds (0.1#10.140)