Pengamat Sebut Kepemimpinan Puan Maharani Dibutuhkan Bangsa Ini

Selasa, 30 November 2021 - 15:13 WIB
loading...
Pengamat Sebut Kepemimpinan Puan Maharani Dibutuhkan Bangsa Ini
Kepemimpinan Ketua DPR RI Puan Maharani yang mengayomi dan keibuan dinilai sangat dibutuhkan bangsa ini. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Analis Komunikasi Politik Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing menilai sosok Ketua DPR RI Puan Maharani kental dengan kualitas kepemimpinan keibuan. Karakter Puan yang mengayomi, mampu menciptakan stabilitas politik, komunikasi yang menyejukkan, tenang dan memegang teguh prinsip sangat dibutuhkan bangsa Indonesia saat ini.

"Hal yang tidak bisa dipungkiri adalah bahwa beliau adalah seorang ibu. Kelihatan memang dalam sepak terjang dia selama ini yang mampu mengayomi semua anaknya. DPR yang dia pimpin stabil, dia juga muncul sebagai sosok yang tenang, penuh kelembutan, tidak banyak bicara tapi hasil kerjanya nyata. Ini persis kualitas keibuan," kata Emrus, Selasa (30/11/2021).

Kepemimpinan keibuan, kata dia, cenderung menghindari konflik yang sifatnya merusak persatuan dan kesatuan. Sebaliknya berusaha memastikan semua dalam keadaan stabil, aman dan tenang. "Persis apa yang kita lihat sekarang. Ibu Puan cenderung tidak mau berkonfrontasi untuk hal-hal yang menurut dia justru membuat situasi menjadi lebih buruk. Dia lebih suka apa pun diselesaikan dengan aman, damai dan tenang. Kasus Arteria kalau tidak salah ada peran besar beliau juga kan sehingga terjadi mediasi. Jadi itulah sosok beliau yang harus masyarakat kenal," lanjut Emrus.



Hanya saja jelas Ermus, banyak orang tidak memahami Puan Maharani secara utuh dan mendalam. Padahal, banyak sekali keunggulan yang dimiliki putri Megawati Soekarnoputri ini. "Puan itu ibarat emas bagi bangsa ini," tuturnya.



Emrus menegaskan, kepemimpinan Puan di DPR patut diteladani oleh semua politisi. Putri Taufik Kiemas ini tercatat sebagai anggota DPR yang tidak punya masalah. Sebagai Ketua DPR, Puan mampu mengelola semua perpedaan politik sehingga politik di DPR ini guyub. Bahkan, sebagai ketua fraksi, Puan juga mampu merangkul anggotanya.

"Ketika menjadi menteri pun, Puan tidak ada masalah yang signifikan. Semua itu dicapai beliau tidak terlepas dari kualitas kepemimpinan keibuan yang melekat dalam dirinya," kata Emrus.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2547 seconds (0.1#10.140)