Jelang Pensiun, Panglima Hadi Tjahjanto Titip Pesan Khusus ke Perwira TNI AL

Kamis, 11 November 2021 - 03:43 WIB
loading...
Jelang Pensiun, Panglima Hadi Tjahjanto Titip Pesan Khusus ke Perwira TNI AL
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyempatkan diri bertatap muka dengan para perwira TNI Angkatan Laut (AL) di wilayah Surabaya, Jawa Timur (Jatim). Foto/Puspen TNI
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyempatkan diri bertatap muka dengan para perwira TNI Angkatan Laut (AL) di wilayah Surabaya. Hal itu dilakukan sebelum dirinya resmi tak lagi menjabat Panglima TNI pada awal Desember 2021.



Tatap muka tersebut juga sekaligus menjadi ajang pamitan Hadi Tjahjanto dengan ratusan perwira TNI AL. Dalam kesempatan itu, Hadi mengucapkan banyak terima kasih atas kepercayaan yang diberikan untuk memimpin tiga matra TNI selama kurun waktu empat tahun, khususnya TNI AL.

Menurut Hadi, prajurit matra laut banyak mendukung kepemimpinannya dalam rangka menyelesaikan tugas-tugas negara yang cukup berat. Mulai dari ancaman nonalam yakni Covid-19, hingga sejumlah operasi militer. Hadi tak lupa menitipkan pesan khusus kepada TNI AL.

"Saya meyakini bahwa ke depan TNI Angkatan Laut akan semakin maju dengan berkembangnya teknologi informasi, dan berkembangnya teknologi kekinian. Banyak peralatan militer yang tidak begitu besar yang kecil tingkat Nano inilah yang akan kita selalu kembangkan dan kita gunakan," kata Hadi Tjahjanto kepada para perwira TNI AL.

"Namun dengan begitu besarnya tanggung jawab angkatan laut maka peralatan-peralatan perang pun tetap harus kita kembangkan baik kapal atas permukaan maupun kapal di bawah permukaan," imbuhnya.

Mantan Kepala Staf TNI AU tersebut menuturkan, kehadirannya di Surabaya pada hari ini juga menjadi semacam pengulas kenangan. Terutama, ketika dirinya mengikuti seleksi pendaftaran menjadi anggota TNI.

Marsekal Hadi bercerita bahwa Surabaya adalah model miniaturnya Angkatan Laut. Sebab, mulai dari Kodiklatal, AAL, Koarmada II, Puspenerbal, Pasmar, Lanudal, Lantamal V, ada di Surabaya. Di mana, hal tersebut juga menjadi miniaturnya interoperabilitas TNI dalam konsep operasi gabungan.

Lebih lanjut, Hadi juga mengutarakan bahwa cukup banyak permasalahan yang harus menjadi perhatian bersama. Ia meyakini Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Yudo Margono punya tekad yang kuat untuk lebih memperkuat TNI AL kedepannya.

"Banyak permasalahan yang sedang kita hadapi saat ini yang harus menjadi perhatian kita. Dan saya yakin dengan tekad yang kuat dari Kepala Staf Angkatan Laut untuk mengembangkan angkatan laut ke depan dengan tanggung jawab yang luas," ucapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1522 seconds (0.1#10.140)