6 Gebrakan KSAD Jenderal Andika Perkasa, Nomor 4 Bikin Prajurit AS Kagum

Kamis, 04 November 2021 - 06:17 WIB
loading...
6 Gebrakan KSAD Jenderal Andika Perkasa, Nomor 4 Bikin Prajurit AS Kagum
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengirim nama calon Panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto kepada DPR RI. Nama calon tunggal dalam surat presiden yang diserahkan Menteri Sekretaris Negara Pratikno kepada Ketua DPR RI Puan Maharani itu adalah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa .

Pria kelahiran Bandung, 21 Desember 1964 ini menjabat KSAD sejak November 2018. Selama menjabat KSAD, sejumlah gebrakan dilakukan oleh jebolan Akademi Militer (Akmil) 1987 ini. Berikut sejumlah gebrakan Andika Perkasa selama menjabat KSAD:

1. Ubah Mabesad Makin Cantik

Gedung Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat menjadi sangat indah di tangan Jenderal TNI Andika Perkasa. Kantor pusat AD ini berubah drastis setelah dilakukan berbagai renovasi hingga pembangunan gedung baru membuat lebih modern dan elegan.

Bahkan, perubahan drastis itu membuat Komandan Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat Mayjen TNI Ferry Zein berdecak kagum saat datang ke Mabesad bersama sang istri pada Februari 2021. Ferry mengaku terakhir kali menginjak Mabesad pada empat tahun lalu. “Saya bangga masuk ke sini karena perkantoran maupun seluruh fasilitas yang ada di sini jauh lebih baik,” ujarnya, Senin (23/2/2021).

2. Bagikan Ratusan Kendaraan Dinas

KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa bersama Ketua Komisi I DPR Meutya Viada Hafid melihat kendaraan dinas yang akan didistribusikan untuk satuan jajaran TNI AD.Foto/Istimewa/Dispenad


Andika menyerahkan sebanyak 547 unit kendaraan dinas baru bagi satuan-satuan yang ada di TNI Angkatan Darat pada awal Mei 2021. Sebanyak 547 unit kendaraan dinas yang terdiri dari mobil dan motor itu merupakan hasil pengadaan tahun anggaran 2020.

Kemudian, pada September 2021 Andika mendistribusikan sebanyak 353 kendaraan dinas kepada satuan jajarannya. Kendaraan dinas yang dibagikan adalah hasil pengadaan TNI AD tahun anggaran 2020-2021 dan dukungan SKK Migas.

353 unit itu terdiri dari roda empat sebanyak 118 unit dan roda dua sebanyak 235 unit. Andika Perkasa menyampaikan, TNI AD terus mengupayakan dan memperbaiki kualitas pengadaan atas kendaraan dinas yang didukung dengan teknologi mutakhir. "Tujuannya guna mendukung pelaksanaan tugas-tugas TNI AD ke depan agar lebih baik lagi," kata Andika pada Senin (27/9/2021).

3. Tindak Tegas Prajurit Perusak Polsek Ciracas
Tindakan tegas Andika Perkasa kepada para prajuritnya yang terlibat dalam kasus perusakan hingga pembakaran Mapolres Ciracas pada Sabtu 29 Maret 2020 dini hari mendapat apresiasi sejumlah pihak. “Kalau soal tersulut, itu masing masing prajurit, yang jelas tindakan apa yang dilakukan itu, tanggung jawab. Soal hoaks itu salah sendiri, yang jelas itu risiko mereka,” kata Andika kepada wartawan di Mabes TNI AD, Jakarta Pusat, Minggu (30/8/2020).

Andika Perkasa pun memohon maaf atas insiden penyerangan Mapolsek Ciracas, Jakarta Timur. Sebanyak 67 prajurit TNI yang terlibat kasus tersebut divonis bersalah oleh Pengadilan Militer II-08 Jakarta pada Mei 2021. 17 prajurit TNI di antaranya dipecat dari dinas kemiliteran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1494 seconds (0.1#10.140)