Reformasi Regulasi Universitas

Rabu, 27 Oktober 2021 - 09:46 WIB
loading...
A A A
Pendidikan tinggi menghasilkan sejumlah meta-regulasi signifikan di tingkat nasional dan internasional. Meta-regulasi penting dalam pendidikan tinggi dan mengacu pada basis kompetisi dan komunitas yang lebih luas. Universitas menghadirkan tantangan yang signifikan terkait regulasi. Meta-regulasi tidak hanya mengarahkan tindakan, tetapi juga pembelajaran, dan mendorong Universitas untuk berpikir melampaui apa yang mereka lakukan dan bagaimana mereka melakukannya untuk tujuan dan nilai yang lebih luas.

Pola globalisasi dan persaingan yang meningkat menghasilkan ruang regulasi yang lebih kompleks untuk Universitas. Lembaga pemeringkatan, baik organisasi swasta maupun pemerintah secara implisit menetapkan norma yang harus diikuti oleh Universitas untuk mendapatkan peringkat tinggi.

Di tataran internasional, telah terjadi pertumbuhan yang signifikan dalam mobilitas mahasiswa asing yang menciptakan tekanan pasar bagi Universitas untuk menampilkan reputasi dan peringkat (ranking) tinggi dengan meningkatnya investasi dalam menciptakan Universitas yang kompetitif di tataran internasional.

Meta-regulasi Universitas memberikan sarana untuk mengakselerasi otonomi Universitas dengan peran pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya untuk mengarahkan kelembagaan Universitas. Hal ini menyediakan sarana bagi Universitas untuk memajukan arah pengembangan Universitas sesuai dengan Rencana Strategis, Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) unuk mewujudkan Visi dan Misi Universitas.

Dengan demikian, dalam melakukan Reformasi Regulasi, Universitas seyogyanya bertumpu pada University Governance yang menekankan pada Academic Governance, Business Governance dan Corporate Governance serta terhubung sebagai Integrated Governance.

Reformasi regulasi diharapkan membantu memastikan bahwa regulasi Universitas di semua bidang kegiatan sepenuhnya responsif terhadap perubahan kondisi ekonomi, sosial, dan teknologi yang mengelilinginya.

Di samping regulasi, meta-regulasi mendorong Universitas untuk berpikir melampaui apa yang dilakukan selama ini dan bagaimana melakukannya untuk tujuan dan nilai yang lebih luas. Reformasi Regulasi memiliki peran signifikan bagi Universitas dengan desain tata kelola yang mandiri, adaptif, inovatif dan agile.
(maf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1514 seconds (0.1#10.140)