Dilantik KSAL, Tangis Haru Ratusan Prajurit Tangguh TNI AL Ini Pecah di Hadapan Orang Tua

Rabu, 27 Oktober 2021 - 02:30 WIB
loading...
Dilantik KSAL, Tangis Haru Ratusan Prajurit Tangguh TNI AL Ini Pecah di Hadapan Orang Tua
Salah seorang prajurit TNI AL mencium kaki ibunya usai mengikuti Pendidika Pertama Bintara dan Tamtama TNI AL Angkatan ke-41 Satdik I Kodiklatal TA 2021 di Kepulauan Riau.Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Tangis haru kegembiraan pecah usai acara penutupan Pendidikan Pertama Bintara dan Tamtama TNI AL Angkatan ke-41 Satdik I Kodiklatal TA 2021. Ratusan prajurit muda TNI AL ini tak kuasa menahan tangis di hadapan orang tua dan keluarganya di lapangan Hang Tuah, Tanjung Uban, Bintan, Kepulauan Riau, Selasa (26/10/2021).

Tangisan kegembiraan ini pecah setelah Kepulauan Riau mencetak sejarah baru lahirkan prajurit-prajurit tangguh TNI AL. Acara Penutupan Pendidikan Pertama Bintara dan Tamtama TNI AL Angkatan ke-41 Satdik I Kodiklatal TA 2021 dipimpin Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono.

Yudo Margono melantik mantan siswa Satdik I Tanjung Uban menjadi prajurit Bintara TNI AL dengan pangkat Sersan Dua. Kemudian Tamtama dengan pangkat Kelasi dua.

Untuk mendapatkan pangkat tersebut, mereka menempuh pendidikan selama 6 bulan dengan Tahap Pendidikan Dasar Prajurit (Diksarrit) 3 bulan, tahap Dasar Golongan (Sargol) 1 bulan dan tahap Dasar Golongan Lanjutan (Sargolan) selama 2 bulan.

TNI AL dalam usaha mencetak prajurit yang tangguh dan professional menyelenggarakan program pendidikan untuk Bintara dan Tamtama yang berada di bawah Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) dengan beberapa Satuan Pendidikan (Satdik) yang tersebar di seluruh Indonesia yakni Satdik 1 di Tanjung Uban, Satdik 2 di Makassar dan Satdik 3 di Sorong.

Pada Pendidikan Pertama Bintara dan Tamtama TNI AL Angkatan ke-41 di Satdik 1 Tanjung Uban telah mencetak sebanyak 245 prajurit dengan rincian prajurit Bintara sebanyak 100 personel dan Tamtama sebanyak 145 personel yang memprioritaskan wilayah Sumatera dan Kalimantan Barat.

Sementara itu Satdik 2 di Makassar yang direncanakan akan ditutup dalam waktu dekat telah mencetak prajurit Bintara dan Tamtama TNI AL Angkatan ke-41 sebanyak 249 prajurit dengan rincian prajurit Bintara sebanyak 99 personel dan Tamtama sebanyak 150 personel yang memprioritaskan wilayah Sulawesi dan Kalimantan timur.

Sedangkan Pendidikan Pertama Bintara dan Tamtama TNI AL Angkatan ke-41 di Satdik 3 Sorong telah mencetak sebanyak 249 prajurit dengan rincian prajurit Bintara sebanyak 100 personel dan Tamtama sebanyak 149 personel yang memprioritaskan di wilayah Papua dan sekarang tengah melaksanakan On the Job Training (OJT) di Komando Latihan (Kolat) Komando Armada (Koarmada) III.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1691 seconds (0.1#10.140)