PDIP Kembali Raih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik di Tahun 2021

Selasa, 26 Oktober 2021 - 15:11 WIB
loading...
PDIP Kembali Raih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik di Tahun 2021
Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2021 ini diserahkan Wapres Maruf Amin kepada Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PDIP menjalankan praktik keterbukaan informasi partai sebagai kesadaran ideologis yang dinamis. Hasilnya sebagai badan publik, PDIP menjadi satu-satunya partai politik yang meraih kategori informatif.



"Atas penganugerahan ini, untuk dicatat, PDI Perjuangan satu-satunya yang membuat sejarah penting, tiga kali berturut-turut dengan kategori tertinggi yakni kategori informatif," kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto usai menerima delegasi PKP di kantor PDIP, Menteng, Jakarta, Selasa (26/10/2021).

Hasto menyampaikan, Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2021 ini diserahkan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2021 secara simbolis melalui konferensi video hari ini.

Menurut Hasto, melalui kepatuhan atas kebijakan dari KIP, PDIP menata seluruh layanan informasi sebagai bentuk komitmen perjuangan dengan berbagai inovasi baru kepartaian.

"Secara sistemik dalam penilaian itu menunjukkan ada inovasi selama pandemi yang tidak pernah berhenti. Berbagai pelatihan, bagian dari keterbukaan publik disampaikan. Kaderisasi secara online, pelatihan kepala daerah dinilai positif," jelas pria asal Yogyakarta itu.

"Sepanjang masa pandemi Covid-19, konsentrasi utama PDI Perjuangan adalah membantu rakyat. Kader partai harus menghadirkan wajah kemanusiaan, melakukan sinergi koneksitas baik secara vertikal horizontal, dari hulu ke hilir untuk turun membantu rakyat tanpa pandang bulu," tambahnya.

Dia mengatakan, PDIP meningkatkan pelayanan permintaan informasi dan dokumentasi dengan memanfaatkan layanan teknologi berbasis aplikasi digital yang mudah dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.

Hasto menjelaskan, kantor partai di seluruh Indonesia dijadikan pusat gerakan kemanusiaan pemberian vaksin gratis yang diutamakan kepada tenaga medis, kelompok rentan dan pelaku ekonomi kerakyatan.

Kata dia, penghijauan serentak yang dilakukan PDIP melibatkan struktur partai, legislatif, kepala dan wakil kepala daerah, tokoh masyarakat, pemerhati lingkungan, dan seluruh elemen masyarakat.

"Kader diwajibkan menjaga sungai di daerahnya masing-masing dengan program penghijauan dari hulu ke hilir untuk menjaga dan menyelamatkan ribuan hingga jutaan mata air di seluruh Indonesia," tuturnya.

Melalui berbagai kegiatan, kantor Partai dijadikan sebagai pusat kebudayaan. Berbagai inovasi yang dilakukan selama pandemi itu yang juga menjadi perhatian tim penilai dari KIP.

"PDI Perjuangan melaporkan seluruh inovasi dan gerak politik kepada rakyat sebagai wujud tanggung jawab partai kepada kepercayaan rakyat. Sebagai partai ideologis, PDI Perjuangan bertekat menjadi partai politik yang terbuka dan berintegritas untuk menjaga Indonesia," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1588 seconds (0.1#10.140)