Wapres Berharap AICIS Hasilkan Solusi bagi Umat Manusia dari Dampak Pandemi

Senin, 25 Oktober 2021 - 19:50 WIB
loading...
Wapres Berharap AICIS Hasilkan Solusi bagi Umat Manusia dari Dampak Pandemi
Wapres KH Maruf Amin membuka secara virtual The 20th Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) 2021 di The Sunan Hotel Solo, Senin (25/10/2021). FOTO/TANGKAPAN LAYAR YOUTUBE
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden ( Wapres ) KH Maruf Amin membuka secara virtual The 20th Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) 2021 di The Sunan Hotel Solo, Senin (25/10/2021). Konferensi internasional studi Islam ini mengangkat topik Islam in a Changing Global Context: Rethinking Fiqh Reactualization and Public Policy.

Wapres menyampaikan apresiasinya terhadap topik utama dalam penyelenggaraan AICIS 2021 di tengah pandemi. Menurutnya, pandemi Covid-19 telah berdampak pada setiap segi kehidupan masyarakat, tak terkecuali di Indonesia. Untuk itu, pemerintah perlu mengambil langkah bersifat extraordinary untuk menghadapi hal ini.

"Perlu masukan-masukan dari segi medis dan nonmedis. Di sini, peran dari syariat Islam yang kontekstual sangat diperlukan guna memberikan rekomendasi serta masukan untuk hal tersebut. Peran fikih diharapkan juga mampu menguatkan solusi atas dampak Covid-19 bagi kehidupan umat manusia," kata Wapres.

Baca juga: Wakil Presiden akan Buka Gelaran AICIS ke 20 di UIN Surakarta

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang hadir langsung di lokasi, mengatakan, AICIS adalah wadah intelektual yang menghadirkan sejumlah ilmuwan dan guru besar sebagai pemerhati studi keislaman.

"Saya berharap AICIS dapat menjadi miniatur studi keislaman di Indonesia. Kami terbuka terhadap kritik dan bersikap moderat. Kami berharap, AICIS kali ini dapat menjadi wahana untuk sikap moderasi beragama, wadah destinasi keilmuan bagi sejumlah PTKI di Indonesia, serta meningkatkan jejaring akademis," kata Menag.

Usai dibuka Wapres, gelaran AICIS dilanjutkan dengan konferensi dengan mengundang keynote speech dari International Islamic University Islamabad, Pakistan, Mohammad Khalid Mas’ud, serta beberapa Discussion on Stage (OSD) dan panel paralel secara online. Selanjutnya, AICIS 2021 kali ini akan digelar pada 25-28 Oktober 2021.

Baca juga: Wapres Optimistis RI Jadi Pemain Kunci Industri Keuangan Syariah Dunia

Direktur Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kemenag Muhammad Ali Ramdhani berharap gelaran AICIS yang kali pertama dibuka Wapres Maruf Amin berjalan lancar.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1344 seconds (0.1#10.140)