19,9 Juta Orang di Jawa-Bali Diprediksi Lakukan Perjalanan pada Libur Nataru

Senin, 25 Oktober 2021 - 16:54 WIB
loading...
19,9 Juta Orang di Jawa-Bali Diprediksi Lakukan Perjalanan pada Libur Nataru
Sebanyak 19,9 juta orang di Jawa-Bali diprediksi akan melakukan perjalanan pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memprediksi akan ada 19,9 juta orang yang akan melakukan perjalanan di Jawa-Bali pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021.

Data itu berdasarkan hasil survei Balitbang Kementerian Perhubungan (Kemenhub). "Peningkatan mobilitas diperkirakan terjadi pada libur Nataru. Berdasarkan survei Balitbang Kemenhub, untuk wilayah Jawa-Bali, diperkirakan yang melakukan perjalanan sekitar 19,9 juta, sedangkan Jabodetabek 4,45 juta," jelasnya seusai rapat virtual dengan Presiden Jokowi, Senin (25/10/2021).

Luhut menegaskan peningkatan pergerakan penduduk tanpa protokol kesehatan ketat ini akan meningkatkan risiko penyebaran kasus. Adapun strategi yang dilakukan pemerintah tak akan berjalan maksimal jika tak ada pembatasan pergerakan orang. "Presiden memberikan arahan tegas kepada kami untuk segera mengambil langkah, keputusan dan kebijakan dan merancang agar tidak ada peningkatan kasus," terang Luhut.

Sebelumnya, Luhut memperkirakan pada Januari 2022 Indonesia telah masuk fase endemi setelah sebelumnya diguncang oleh pandemi. Namun demikian, fase endemi bisa terjadi di Indonesia asalkan pada libur Natal dan Tahun Baru 2021 tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19 akibat tingginya pergerakan orang.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2196 seconds (0.1#10.140)