Dunia Apresiasi Jokowi dalam Penanganan Covid-19, PDIP Beri Respons Begini

Kamis, 21 Oktober 2021 - 18:18 WIB
loading...
Dunia Apresiasi Jokowi dalam Penanganan Covid-19, PDIP Beri Respons Begini
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, apresiasi dunia terhadap kepemimpinan Presiden Jokowi dalam mengatasi pandemi Covid-19, cukup membanggakan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Apresiasi dunia terhadap kepemimpinan Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) dalam mengatasi pandemi Covid-19 dinilai cukup membanggakan. Hal ini dikatakan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat membuka Webinar di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Kamis (21/10/2021).

Baca Juga: JokowiPenganggaran Desa Wisata Perancangan Kebijakan Penganggaran Desa Wisata tersebut.

Baca juga: Demokrat Berharap Jokowi Tidak Tergiur Godaan Tiga Periode

"Melihat akar persoalan pokok dari Covid-19 dan kemudian mencari solusi menyeluruh dimulai dari refocusing anggaran, kebijakan yang menyeimbangkan antara pembatasan sosial dan pertumbuhan ekonomi serta terdepan dalam pengadaan vaksin," tambahnya.

Menurut Hasto, Presiden Jokowi punya kelebihan dibanding pemimpin yang lain. Beliau adalah sosok yang turun ke bawah, yang terus memberikan direction, mengadakan ratas (rapat kabinet terbatas) dan kemudian diambil keputusan di rapat kabinet terbatas.

"Jokowi setiap mengadakan rapat selalu mengambil keputusan yang bisa dijabarkan dalam perspektif koordinasi antara pusat dan daerah," ucapnya.

Hasto pun menyontohkan saat Presiden Jokowi bersama para pembantunya antara lain Menteri Luar Negeri, Menteri BUMN, Menteri Kesehatan, sebagai satu kesatuan tim kesatuan tim negosiator sehingga akhirnya kita bisa mendapatkan vaksin. Kemudian tidak hanya itu, bahkan di dalam kerja sama didorong kemampuan nasional untuk mampu memproduksi vaksin.

"Dilanjutkan percepatan di dalam melakukan gerakan vaksinasi yang dilakukan seluruh elemen negara, hampir seluruh kementerian, ada yang sangat aktif seperti TNI-Polri, Badan Intelijen Negara yang juga mengambil suatu terobosan vaksinasi door to door. Bahkan, banyak partai politik juga terlibat khususnya PDI Perjuangan, sebagai partai pengusung utama pemerintah," jelasnya.

Menurut Hasto, hal itu tidak mungkin kalau Presiden Jokowi tidak memberikan suatu direction, membentuk tim negosiasi untuk mendatangkan vaksin-vaksin dan bergerak dengan penuh keyakinan.

"Meskipun banyak kritik, tetapi Pak Jokowi tetap menampilkan seorang pemimpin yang tahan uji terhadap kritik dan terus berjuang melakukan tugas-tugasnya sebagai Kepala Negara, Kepala Pemerintahan," ujarnya.

"Tetap bergerak karena apa pun di tengah pandemi ini Pak Jokowi menerapkan suatu prinsip bagaimana keselamatan rakyat, keselamatan bangsa dan negara merupakan hukum tertinggi yang harus dijawab setiap pemimpin," tambah Hasto.

Lanjut Hasto, apa yang dilakukan Presiden Jokowi satu napas dengan kebijakan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Ini merupakan satu perpaduan yang sangat sempurna.

"Selama pandemi, Ibu Megawati memberikan suatu arahan kalau kita bandingkan instruksi-instruksi yang diberikan partai politik di dalam mengatasi pandemi, maka Ibu Megawati lah yang paling detail. Ibu Megawati yang paling visioner karena pengalaman beliau yang sangat luas dalam menghadapi berbagai krisis," ucapnya.

Sedangkan di tingkat nasional menurut Hasto, Presiden Jokowi memberikan direction untuk menggerakan seluruh elemen negara, menggerakan seluruh elemen pemerintahan untuk membantu, termasuk kebijakan relokasi anggaran

"Sementara Ibu Megawati menggerakan seluruh elemen kepartaian. Tiga pilar partai bergerak untuk mengambil langkah terobosan terkait kebijakan anggaran, kemudian langkah terobosan menanam tanaman yang bisa dimakan, mengembangkan desa-desa sebagai pusat pariwisata, desa sebagai pusat pergerakan. Ini merupakan suatu perpaduan yang sangat sempurna," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1556 seconds (0.1#10.140)