Panglima TNI Kerahkan 122 Nakes Kejar Target Vaksinasi di Tangerang dan Bogor

Rabu, 20 Oktober 2021 - 20:02 WIB
loading...
Panglima TNI Kerahkan 122 Nakes Kejar Target Vaksinasi di Tangerang dan Bogor
122 nakes siswa Dikmapa PK TNI tiba di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Rabu (20/10/2021). Mereka akan diperbantukan untuk percepatan vaksinasi di Tangerang dan Bogor. FOTO/PUSPEN TNI
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengerahkan 122 tenaga kesehatan (nakes) siswa Pendidikan Pertama Perwira Prajurit Karier (Dikmapa PK) TNI yang tengah mengikuti Pendidikan di Akademi Militer (Akmil) Magelang untuk membantu vaksinasi di wilayah aglomerasi, Tangerang dan Bogor. Hingga saat ini vaksinasi belum mencapai target 70% penduduk.

Hadi menyebut pengerahan nakes tersebut untuk membantu penanganan Covid-19 dan serbuan vaksinasi di wilayah aglomerasi, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Rabu (20/10/2021).

Sebelumnya, 122 nakes tersebut diberangkatkan dua shorty penerbangan dari Lanud Adisutjipto Yogyakarta dengan menggunakan pesawat Hercules C-130 A-1303 dan CN A-2901 TNI AU. Setibanya di Lanud Halim Perdanakusuma, para nakes TNI tersebut diterima Wakapuskes TNI Marsma TNI Didik Kestito selanjutnya diberangkatkan menuju Hotel Amaris Citra Raya Kabupaten Tangerang.

Baca juga: Kejar Target Kekebalan Komunal, Pemprov Jabar Gandeng Swasta Kebut Vaksinasi

Adapun 122 nakes yang dikerahkan terdiri dari dokter umum 88 orang, dokter gigi 11 orang, apoteker 8 orang, perawat 4 orang, gizi 3 orang, elektro medis 1 orang, fisioterapi 2 orang, analis medis 2 orang, radiologi 1 orang, perawat gigi 1 orang dan rekam medis 1 orang.

Setibanya di Kabupaten Tangerang, para nakes TNI disambut oleh Danrem 052/Wkr Brigjen TNI Rano Tumilaar, Sekda Kabupaten Tangerang Maesyal Rasyid, Kadinkes Kabupaten Tanggerang Desi Riana Dinar Dianti.

Turut hadir pada penyambutan di Lanud Halim Perdanakusuma di antaranya, Dirdik Kodiklat TNI Laksma TNI Dirk Poltje Lengkey, Danpusdikma Kodiklat TNI Brigjen TNI Udiyanto dan Asops Kasdam Jaya Kolonel Inf Dodi.

Sementara itu, Wakapuskes TNI Marsma TNI Didik Kestito menjelaskan, saat ini seluruh negara termasuk Indonesia sedang berperang menghadapi Covid-19. Berbagai upaya telah dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia mulai dari Prokes 3 M, meningkatkan 3 T, sampai mendirikan berbagai rumah sakit Covid-19 yaitu RS Wisma Atlet, RS Khusus Inspeksi di Pulau Galang, RS Lapangan Kogabwilhan di Surabaya, dan beberapa rumah sakit terpadu (isoter) di berbagai kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya melaksanakan program vaksinasi.

Baca juga: Panglima TNI Apresiasi Akabri 99 Bantu Percepatan Vaksinasi

"Kita sebagai anggota TNI tentunya mempunyai kewajiban untuk membantu tugas dari pemerintah. Di sinilah tugas dari para Perwira Siswa sekalian, membantu melaksanakan vaksinasi di daerah Tangerang dan Bogor," kata Didik dalam keterangan tertulis.

Kemudian, Wakapuskes TNI mengatakan bahwa TNI mendapat tugas untuk melaksanakan vaksinasi kepada 50 juta penduduk Indonesia. Tentunya ini adalah tugas yang berat yang harus dilaksanakan bersama-sama.

"Para Perwira Siswa agar dapat melaksanakan tugas ini dengan penuh rasa tanggung jawab. Sebagai Perwira kita dituntut untuk selalu melaksanakan tugas yang dibebankan oleh negara kepada kita dengan penuh rasa tanggung jawab," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1100 seconds (0.1#10.140)