Selly, Maya, dan Nicky Lulus Rehabilitasi dan Kembali ke Hutan

Kamis, 14 Oktober 2021 - 10:03 WIB
loading...
Selly, Maya, dan Nicky Lulus Rehabilitasi dan Kembali ke Hutan
Petugas memeluk erat seekor orangutan sebelum dilepasliarkan di hutan Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK), foto/istimewa
A A A
KAPUAS HULU - Hutan Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK) Kapuas Hulu , Provinsi Kalimantan Barat , menjadi rumah baru bagi Maya, Selly, dan Nicky.

Tiga individu Orangutan (Pongo pygmaeus pygmaeus) betina ini dilepasliarkan setelah lulus rehabilitasi di Sekolah Hutan Jejora yang dikelola oleh Yayasan Penyelamatan Orangutan Sintang (YPOS).

baca juga: Ini Tempat Terakhir di Dunia, di Mana Gajah, Badak, Orangutan dan Harimau Hidup Bersama

Ketiga Orangutan betina bernama Maya (7 Tahun 10 Bulan) berasal dari Desa Betangai Kec Nanga Sokan, Kab Melawi; Selly (8 Tahun) berasal dari Kec Belimbing Selatan Kab Melawi; dan Nicky (10 Tahun) berasal dari Desa Pandan Sembuat Kec Tayan Hilir, Kab Sanggau.

Ketiganya direscue oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat bersama YPOS. Pelepasan Orangutan kali ini merupakan pelepasliaran tahap ke-Delapan dengan total 19 individu Orangutan telah kembali ke habitatnya.

baca juga: Pelestarian Satwa Langka, 5 Orangutan Dikembalikan ke TN-BBBR Kalteng

”Saat melepas keberangkatan tim, turut dihadiri petugas dari TNI, Polri, dan Temenggung Adat Dayak,” kata Wahyu Kepala Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TNBKDS) Wahju Rudianto, kepada KORAN SINDO, kemarin.

Orangutan yang dilepasliarkan telah menjalani proses cukup panjang yang mencakup “Pelatihan Kemampuan Dasar” seperti memanjat, memilih makanan, membuat sarang serta kemampuan individu untuk bertahan hidup di hutan.

baca juga: 5 Fakta Menarik tentang Danau Sentarum, Kapuas Hulu yang Perlu Diketahui

“Setelah dilakukan pengecekan medis, ketiganya dinyatakan negatif dari penyakit, kemudian dalam pengamatan dan evaluasi ketiganya mampu beradaptasi dengan alam sehingga dapat di lepasliarkan” jelas Hasudungan Pakpahan selaku Ketua Yayasan YPOS.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1605 seconds (0.1#10.140)