Covid-19 Mulai Terkendali, IDI: Lebih Baik Waspada Ketimbang Nantinya Menyesal

Rabu, 06 Oktober 2021 - 13:28 WIB
loading...
Covid-19 Mulai Terkendali, IDI: Lebih Baik Waspada Ketimbang Nantinya Menyesal
asyarakat tetap perlu waspada walaupun kasus Covid-19 di Indonesia terus mengalami perbaikan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Masyarakat tetap perlu waspada walaupun kasus Covid-19 di Indonesia terus mengalami perbaikan. Angka positivity rate harian di beberapa provinsi telah di bawah 1%, salah satunya di DKI Jakarta. Angka ini juga jauh di bawah ketentuan yang ditetapkan oleh World Health Organization (WHO) yakni 5%.

“Positivity rate Indonesia rata-rata 3%. Bahkan di beberapa provinsi di bawah itu. Misalnya Jakarta di angka 0,9%. Artinya pandemi terkendali dan risiko penularan rendah,” ujar Ketua Satuan Tugas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia ( IDI ) Zubairi Djoerban lewat akun media sosial pribadinya, dikutip Rabu (6/10/2021).

Zubairi juga mengingatkan bahwa kasus Covid-19 bisa kapan saja mengalami kenaikan. “Tapi korona ini bisa bergerak naik kapan saja. Tetap prokes. Lebih baik waspada ketimbang nantinya menyesal,” tegasnya.

Baca juga: Partai Amien Rais Terus Ditinggalkan Pengurusnya

Sebelumnya, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga telah mengingatkan agar tidak euforia dengan keberhasilan mengendalikan kasus Covid-19 saat ini. “Sekali lagi, kita confidence cukup baik atau sangat baik, kita bisa mengendalikan ini,” ungkapnya beberapa waktu lalu.

Pasalnya, kata Luhut, masih banyak yang tidak diketahui mengenai virus Covid-19 varian Delta ini. Apalagi, varian Delta menjadi salah satu penyebab kenaikan angka kasus Covid-19 di berbagai negara termasuk di Indonesia. Varian ini bahkan juga meningkatkan keparahan sehingga menambah beban rawatan di rumah sakit.

(rca)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2292 seconds (10.177#12.26)