Pemerintah Ungkap Lima Provinsi Ini Berhasil Turunkan Kasus Corona

Rabu, 29 September 2021 - 08:15 WIB
loading...
Pemerintah Ungkap Lima Provinsi Ini Berhasil Turunkan Kasus Corona
Jubir Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan, terdapat lima provinsi berhasil turunkan kasus Corona melebihi dari angka kenaikannya. Foto/BNPB/Dok
A A A
JAKARTA - Juru Bicara (Jubir) Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan, terdapat lima provinsi yang berhasil menurunkan kasus virus Corona (Covid-19) melebihi dari angka kenaikannya. Lima provinsi ini berasal dari Pulau Jawa dan Sumatera.



Wiku mengatakan, DKI Jakarta pada bulan Juli lalu kasusnya meningkat 24 kali lipat dari bulan Mei. Namun saat ini kasusnya telah menurun 78 kali lebih rendah dibandingkan pada bulan Juli lalu.

"Jawa Barat sebelumnya meningkat 11 kali lipat. Saat ini berhasil turun 46 kali lebih rendah. Bengkulu sebelumnya meningkat 12 kali lipat, saat ini berhasil turun 36 kali lebih rendah," ujarnya.

Kemudian Kepulauan Riau sebelumnya meningkat 5 kali lipat. Sementara saat ini berhasil turun 24 kali lebih rendah. Lalu Sumatera Selatan sebelumnya meningkat 7 kali lipat dan saat ini berhasil turun 24 kali lipat

"Ini adalah perkembangan yang sangat baik. Perkembangan ini tidak akan tercapai jika tidak ada kerja sama yang baik antara seluruh pemerintah di tingkat kabupaten kota dan masyarakat yang menaati kebijakan pembatasan yang berlaku," ungkapnya.

Meski begitu Wiku mengatakan, masih ada provinsi yang penurunannya belum sebanyak kenaikan kasusnya. Provinsi tersebut yakni Papua, Kalimantan Utara, Gorontalo, Sulawesi Selatan dan Maluku Utara.

"Ini adalah perkembangan yang baik. Namun perlu untuk terus didorong agar penurunan kasusnya bisa lebih rendah lagi hingga kembali ke angka sebelum lonjakan kasus," tuturnya.

Dia pun meminta pemerintah provinsi Papua, Kalimantan Utara, Gorontalo Sulawesi Selatan dan Maluku Utara untuk terus mengevaluasi penanganan Covid-19 di wilayahnya.

"Terus tingkatkan pengawasan dan pelaksanaan protokol kesehatan agar penularan dapat terus ditekan dan kasus dapat semakin menurun. Mohon disampaikan kepada pemerintah pusat apabila terdapat kendala yang dihadapi agar dapat ditindaklanjuti dengan segera," pungkasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0841 seconds (0.1#10.140)