alexametrics

Mulai Besok Pendaftaran UTBK-SBMPTN Dibuka

loading...
Mulai Besok Pendaftaran UTBK-SBMPTN Dibuka
Masa pendaftaran ujian tulis berbasis komputer (UTBK) - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dimulai besok. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Masa pendaftaran ujian tulis berbasis komputer (UTBK) - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dimulai besok 2 Juni pukul 13.00 WIB hinggga 20 Juni pukul 22.00 WIB. Pelaksanaan tes UTBKnya sendiri dimulai 5-12 Juli dan pengumuman SBMPTN pada 25 Juli.

Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Budi Prasetyo mengatakan, meski pandemik Corona hingga saat ini terus meluas di Tanah Air namun tidak akan ada target penurunan calon pendaftar UTBK di proses penerimaan SBMPTN ini. (Baca juga: Tes SBMPTN Dijadwalkan Juli)

”Hal ini bisa terjadi karena jumlah lulusan sekolah menengah atas yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi juga tidak berkurang. Pendaftaran bisa dilakukan melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id,” ujarnya, Senin (1/6/2020).(Baca juga: UTBK SBMPTN Dijadwalkan Juli, Kemendikbud: Disesuaikan Kondisi)



Meskipun pandemik ini menyebabkan ada masyarakat yang mengalami keterpurukan ekonomi, dia berharap tetap mendaftar saja sebab ada banyak beasiswa pendidikan bagi yang secara ekonomi kurang beruntung. Budi memperkirakan, pendaftaran UTBK di masa pandemik ini jumlah yang akan mendaftar akan mencapai 1 juta orang. “Ya kita harapkan pendaftar 1 juta,” katanya.

Adapun kuota setiap program studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti SBMPTN ditetapkan paling sedikit 40% dari daya tampung program studi yang bersangkutan. Budi menjelaskan, dari perkiraan 1 juta pendaftar tersebut jumlah yang akan lolos seleksi atau diterima 150.000 hingga 170.000 peserta. Dia menyatakan, angka yang diterima ini belum final karena masih menunggu data perhitungan dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Budi menjelaskan, proses pendaftaran UTBK-SBMPTN dimulai 2 Juni hingga 20 Juni mendatang. Bagi calon pendaftar harus dipastikan kembali telah memiliki akun LTMPT. Sementara yang sudah lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tidak bisa mendaftar lagi di UTBK ini. “Pilih lokasi pusat UTBK terdekat dengan tempat tingggal,” katanya. neneng zubaidah
(cip)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak