Bertemu para Kepala Daerah di Banten, Presiden Jokowi Minta Optimalkan Vaksinasi

Rabu, 22 September 2021 - 03:51 WIB
loading...
Bertemu para Kepala Daerah di Banten, Presiden Jokowi Minta Optimalkan Vaksinasi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para kepala daerah di Provinsi Banten agar mengoptimalikan vaksinasi. Jokowi menyampaikan hal itu saat bersilaturahmi dengan para kepala daerah. Foto SINDOnews
A A A
SERANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para kepala daerah di Provinsi Banten agar mengoptimalikan vaksinasi. Jokowi menyampaikan hal itu saat bersilaturahmi dan diskusi dengan para kepala daerah di Pendopo Gubernur Banten, Selasa (21/9/2021).

Khusus daerah Pandeglang, Lebak, dan Serang, Jokowi meminta agar proses vaksinasi dibantu dan bersinergi dengan TNI-Polri. Sebab, proses penanggulangan pandemi butuh kebersamaan.

“Misalnya Indonesia baik sendiri nggak bisa, kalau negara tetangga nggak baik, negara tetangga baik Singapura bagus, tapi negara tetangganya nggak bagus nggak bisa. Harus bareng-bareng," tegas Jokowi.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan, saat ini seluruh pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota tengah berupaya mencapai target vaksinasi, untuk menciptakan herd community. “Saat ini, salah satu yang menjadi kendala adalah minimnya jumlah vaksinator,” kata Tatu kepada wartawan usai pertemuan dengan Presiden.

Tatu mengaku menyampaikan permohonan kuota vaksin untuk Kabupaten Serang tetap lancar. “Alhamdulillah, untuk terus meningkatkan jumlah masyarakat yang divaksin, nanti dibantu dari jalur TNI dan Polri. Termasuk bersinergi untuk menambah jumlah vaksinator,” ujarnya.

Tatu menargetkan pada Desember tahun ini, target 70 persen vaksinasi bisa tercapai. Saat ini, proses vaksinasi dilaksanakan di 31 Puskesmas, serta dengan pihak-pihak yang bekerja sama dengan Dinkes Kabupaten Serang.

Selain itu, menurutnya, sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) diturunkan untuk membantu proses vaksinasi. Mulai dari Bappeda, Diskominfosatik, Disdukcapil, dan sejumlah OPD lainnya. “Kami harus terus kerja keras, jajaran Dinkes, seluruh OPD, pemerintah kecamatan dan pemerintah desa. Agar mencapai target 70 persen vaksinasi di bulan Desember,” ujarnya.

Sementara itu, menurut data Dinkes Kabupaten Serang per 21 September, cakupan vaksinasi di Kabupaten Serang untuk dosis 1 sudah mencapai 29,86 persen, dosis 2 sebanyak 14,73 persen, dan dosis 3 khusus tenaga kesehatan sebanyak 0,12 persen. Total suntikan mencapai 563.233 atau sekira 22,35 persen.

Tatu berharap bagi yang belum, masyarakat segera melakukan vaksinasi . Sebab, program ini adalah salah satu upaya untuk membangkitkan ekonomi di tengah pandemi COVID-19.

“Herd community harus terbentuk. Dan vaksinasi ini adalah upaya kita bangkit dari pandemi. Meski tren kasus COVID-19 menurun, kita harus terus berupaya menjaga protokol kesehatan dan memaksimalkan target vaksinasi,” ujarnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2177 seconds (0.1#10.140)