Saksi Ungkap Stepanus Robin Temui Azis Syamsuddin 5 Kali, Rita 3 Kali

Senin, 20 September 2021 - 18:49 WIB
loading...
Saksi Ungkap Stepanus Robin Temui Azis Syamsuddin 5 Kali, Rita 3 Kali
Saksi Agus Susanto mengaku mengantarkan bekas penyidik KPK Stepanus Robin menemui Azis Syamsuddin sebanyak lima kali. Foto: MNC/Ariedwi Satrio
A A A
JAKARTA - Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) menghadirkan saksi Agus Susanto dalam sidang lanjutan perkara dugaan suap yang menjerat mantan penyidik KPK asal Polri AKP Stepanus Robin Pattuju , Senin (20/9/2021) hari ini. Agus Susanto merupakan rekan Stepanus Robin Pattuju.

Dalam persidangan, Agus Susanto mengakui pernah mengantarkan Stepanus Robin bertemu dengan sejumlah pihak yang diduga berperkara. Dua di antaranya adalah Wakil Ketua DPR RI asal Golkar, Azis Syamsuddin dan mantan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Rita Widyasari.

Agus menjelaskan Stepanus Robin bertemu dengan Azis Syamsuddin sebanyak lima kali. Pertemuan tersebut berlangsung di rumah dinas Azis Syamsuddin. Kata Agus, Stepanus Robin menyebut Azis Syamsuddin adalah bapak asuhnya.

"Bapak asuhnya (Stepanus Robin) itu Pak Azis Syamsuddin. Bertemu lebih dari 5 kali, di rumah dinas di Jalan Denpasar, Jakarta Selatan," beber Agus kepada Jaksa di ruang sidang Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin (20/9/2021).



Agus juga mengakui bahwa pernah menemani Stepanus Robin bertemu Rita Widyasari. Saat itu, kata Agus, Stepanus Robin yang mendatangi Rita Widyasari di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tangerang. Pertemuan Stepanus Robin dan Rita Widyasari berlangsung selama tiga kali.

"Ke Lapas Tangerang, lapas perempuan, lebih dari tiga kali menemui seorang perempuan, sepengetahuan saya bu Rita Widyasari," beber Agus.

Kemudian, Agus juga membeberkan bahwa pernah mengantarkan Stepanus Robin ke Lapas Sukamiskin, Bandung. Saat itu, Stepanus bertemu Rahardian sebanyak tiga kali. Namun, Agus tidak menjelaskan terang siapa Rahardian yang dimaksud.

Agus juga pernah mengantar Stepanus Robin sekali waktu bertemu dengan Wali Kota non-aktif Cimahi, Ajay Muhammad Priatna di sebuah hotel daerah Kuningan, Jakarta Selatan. Ia juga pernah menemukan Stepanus Robin bertemu dengan Usman Effendi.

"Lalu pernah sekali mengantar untuk bertemu Ajay di hotel, nama hotelnya nggak tahu, lokasinya dekat seputaran kantor KPK. Benar pernah mengantar bertemu Usman Effendi. sekali melihat di Bogor, kedua kali waktu antar ke lapas, ketiga kali di hotel waktu antar sertifikat," terangnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2150 seconds (0.1#10.140)