Indonesia-Filipina Kolaborasi Hadapi Potensi Bencana Hidrometeorologi

Minggu, 19 September 2021 - 11:54 WIB
loading...
Indonesia-Filipina Kolaborasi Hadapi Potensi Bencana Hidrometeorologi
Indonesia dan Filipina membangun kerja sama mengurangi potensi risiko bencana hidrometeorologi melalui Duta Kurangi Risiko Bencana (DKRB). FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Indonesia dan Filipina membangun kerja sama mengurangi potensi risiko bencana hidrometeorologi melalui Duta Kurangi Risiko Bencana (DKRB). Seperti diketahui, peningkatan curah hujan di atas normal berpotensi terjadi di kawasan Asia Tenggara.

Kolaborasi ini digagas Yayasan Peta Bencana mendapatkan dukungan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Office for Civil Defense (OCD) Filipina serta Bureau for Humanitarian Assistance USAID untuk menjaring kelompok muda dalam gerakan pengurangan risiko bencana (PRB). Program tersebut bertujuan untuk memperkuat kesiapsiagaan di kawasan regional, khususnya Indonesia dan Filipina.

Deputi Bidang Sistem dan Strategi BNPB, Raditya Jati mengapresiasi partisipasi peran serta dan inisiatif pemuda dalam pengurangan risiko bencana. Ia mengatakan, kegiatan ini sangat baik untuk menggerakkan partisipasi kaum muda dalam membangun kesiapsiagaan dan pencegahan sehingga warga masyarakat dapat terhindar dari bahaya.

Baca juga: Peringatan! Bencana Hidrometeorologi Akan Datang Lebih Awal

"Duta Kurangi Risiko Bencana Peta Bencana sejalan dengan visi BNPB dan Indonesia 2045. Ketahanan Bencana secara nasional bergantung pada keterlibatan pemuda dalam sistem kedaruratan bencana yang efektif dan efisien," kata Raditya dikutip dari laman resmi BNPB, Minggu (19/9/2021).

Raditya juga berpesan kepada kaum muda untuk menunjukkan partisipasi aktifnya dalam kepemimpinan pada hari ini dan masa depan.

Sementara itu, Direktur Yayasan Peta Bencana Nashin Mahtani mengatakan melalui pemberdayaan para pemimpin pemuda dapat mendukung keaktifan masyarakat dalam penanggulangan bencana.

"Dalam membangun gotong-royong dan bayanihan (sebutan untuk gotong-royong di Filipina) generasi berikutnya, sangat penting untuk memberdayakan para pemimpin pemuda dengan alat, lembaga dan dukungan yang akan memungkinkan masyarakat untuk mengatur diri mereka sendiri, berpartisipasi lebih setara dalam pengambilan keputusan selama keadaan darurat bencana dan beradaptasi dengan situasi yang semakin ekstrem," ungkap Nashin.

Baca juga: TMMD ke-111, Kodim Rote Ndao Gandeng BPBD Sosialisasikan Bencana Hidrometeorologi

Sementara itu, mitigasi risiko bencana harus melibatkan seluruh warga, program duta muda berkomitmen memperkuat agen pemuda di seluruh wilayah. Diharapkan mereka dapat berpartisipasi secara setara dalam upaya pemulihan bencana dan membuat keputusan yang tepat, aman untuk diri mereka sendiri dan komunitas selama keadaan darurat.

Setengah dari populasi dunia adalah pemuda di bawah usia 30 tahun. Mereka sering kali menjadi yang pertama dan paling terpengaruh ketika bencana terkait cuaca menyerang. Menurut laporan bencana dunia 2020, Indonesia dan Filipina termasuk negara yang paling rentan terhadap bencana terkait cuaca dan tidak dapat dihindari kedua negara akan terus mengalami peningkatan cuaca ekstrem.

Untuk mengatasi peningkatan frekuensi dan keparahan peristiwa yang berhubungan dengan cuaca, para ahli menekankan perlunya memfokuskan upaya pada adaptasi, meminimalkan keterpaparan dan kerentanan dengan meningkatkan kapasitas penduduk untuk merespons guncangan, yang tentu saja harus mencakup kelompok yang paling rentan.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1532 seconds (0.1#10.140)