Ekonomi Mitra Dagang Pulih, Jokowi Minta Ekspor Digenjot Sebanyak-Banyaknya

Rabu, 15 September 2021 - 13:00 WIB
loading...
Ekonomi Mitra Dagang Pulih, Jokowi Minta Ekspor Digenjot Sebanyak-Banyaknya
Presiden Joko Widodo saat melepas ekspor komoditas pertanian secara virtual di Istana Bogor. Foto/Dok. BPPSDMP
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) mengatakan bahwa pandemi harus dijadikan momentum untuk transformasi ekonomi Indonesia . Dia menyebut ekonomi Indonesia memiliki peluang tumbuh lebih tinggi karena potensi pasar ekspor masih terbuka lebar.



Apalagi perekonomian beberapa mitra dagang Indonesia mulai pulih. Menurut Jokowi, situasi itu harus dimanfaatkan dengan menggenjot ekspor sebanyak-banyak.

“Mitra dagang kita juga mulai pulih pada Q2 tahun 2021. Cina tumbuh 7,9% year on year. Amerika Serikat tumbuh 12,2%, Jepang tumbuh 7,6%, dan India bahkan tumbuh 20,1%. Peluang ini harus kita manfaatkan untuk mendorong peningkatkan ekspor sebanyak-banyaknya,” ungkapnya dalam acara UOB Economic Outlook, Rabu (15/9/2021).

Selain itu Jokowi mengatakan bahwa investasi juga akan tumbuh lebih tinggi dengan berbagai reformasi struktural yang banyak memberi kemudahan berusaha. Pasalnya, pemerintah telah melakukan reformasi perizinan dan sudah mulai berjalan melalui online single submission (OSS) berbasis risiko.

“Sehingga menciptakan iklim investasi yang semakin menarik. Saya mengajak Bapak Ibu secara sigap memanfaatkan semua peluang ini. Kesehatan masyarakat terjaga dan perekonomian tumbuh secara berkelanjutan dan merata,” ujarnya.



Dia juga mengajak dunia perbankan dan para pelaku usaha untuk segera melakukan ekspansi.

“Segera mengucurkan kredit dan segera menggiatkan dunia usahanya,” pungkasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1364 seconds (0.1#10.140)