Dukung Kebijakan Pemerintah, Golkar Nilai PPKM Jadi Kunci Sukses Penurunan Angka Covid-19

Senin, 13 September 2021 - 20:13 WIB
loading...
Dukung Kebijakan Pemerintah, Golkar Nilai PPKM Jadi Kunci Sukses Penurunan Angka Covid-19
Ketua Balitbang Golkar Jerry Sambuaga mengatakan, melandainya kasus Covid-19 tidak lepas dari kebijakan pemerintah dalam hal mitigasi. Foto: SINDOnews/Ist
A A A
JAKARTA - Kurva Covid-19 di Indonesia dalam beberapa hari ke belakang mengalami tren penurunan. Partai Golkar menilai hal itu tak lepas dari kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Kendati demikian masyarakat diminta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, karena pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Ketua Balitbang Golkar Jerry Sambuaga mengatakan, melandainya kasus Covid-19 tidak lepas dari kebijakan pemerintah dalam hal mitigasi. Melalui penurunan tren kurva Covid-19 dapat menjawab keraguan semua pihak yang menyatakan penanganan Covid-19 di Indonesia tidak berjalan dengan tepat.



"Sejak semula Balitbang Golkar menilai bahwa kebijakan-kebijakan Pemerintah sangat teoat dalam penanganan covid. Terbukti hanya dalam waktu yang relatif singkat hasilnya sangat baik," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (13/9/2021).

Lebih lanjut Jerry menyatakan, kunci sukses dalam penurunan angka Covid-19 terletak pada pengambilan kebijakan yang tepat. Hal itu terlihat dengan adanya PPKM yang mana pemerintah tidak melakukan lock down total, sehingga membuat tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk menjaga protokol kesehatan saat beraktivitas.

"Kebijakan PPKM kami pandang punya daya peringatan (alert power) terhadap masyarakat mengenai adanya pandemi. Jadi dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari masyarakat sadar bahwa mereka ada di konteks yang khusus yaitu pandemi itu sendiri. Dengan begitu mereka beraktifitas dengan prosedur dan protokol yang sudah disesuaikan," ucapnya.

Atas dasar itu, Jerry menuturkan, Balitbang Golkar sepenuhnya mendukung pemberlakuan PPKM selama Covid-19 masih berlangsung. Dengan begitu, diharapkan angka Covid-19 dapat terus terkendali dan ekonomi terus tumbuh.

"Kunci kedua menurut Balitbang Golkar adalah massalnya vaksinasi yang dilakukan pemerintah bersama elemen lain. Indonesia saat ini menempati urutan ke-6 negara dengan Vaksinasi tercepat di seluruh dunia. Beberapa Daerah bahkan sudah mendekati angka vaksinasi yang mengarah pada tercapainya herd immunity," tuturnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2126 seconds (0.1#10.140)