Hadapi Dampak Pandemi, Menpan RB Imbau Pemda Bangun Relasi Lintas Sektor

Kamis, 09 September 2021 - 21:14 WIB
loading...
Hadapi Dampak Pandemi, Menpan RB Imbau Pemda Bangun Relasi Lintas Sektor
Menpan RB Tjahjo Kumolo memberikan sambutan pada Malam Inagurasi IVL Session VII dan VIII di MNC Conference Hall, iNews Tower, Jakarta, Kamis (9/9/2021). FOTO/MPI/IQBAL DWI PURNAMA
A A A
JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( Menpan RB ) Tjahjo Kumolo mengajak para kepala daerah bersama-sama membangun relasi dengan berbagai pihak.

Menurutnya, menjadi pemimpin yang visioner, seseorang harus pandai membangun hubungan baik dengan berbagai kolega, teman, mitra hingga para penentang sekali pun. Hubungan tersebut akan berbuah manis untuk bersama-sama menghadapi pandemi Covid-19.

Hal tersebut diungkapkan Menpan RB dalam sambutannya pada Malam Inagurasi Indonesia Visionary Leader (IVL) Session VII dan VIII.

Baca juga: Uji Strategi Daerah Tangani Pandemi, MPI Gelar IVL Season VII dan VIII

"Ini merupakan investasi yang luar biasa, karena di satu saat kita memerlukan bantuan mereka, mereka akan sukarela memberikan bantuannya kepada kita. Pola hubungan seperti ini akan sangat membantu pemimpin untuk membangun kolaborasi," kata Tjahjo Kumolo.

Menpan RB menambahkan, jika ada kolega yang ingin memperoleh bantuan dari para pemimpin daerah, sepanjang hal itu tidak menyalahi etika dan integritas birokrasi, maka sebaiknya berikan bantuan itu.

Selain itu, Tjahjo Kumolo juga mengajak pemimpin daerah untuk dapat selalu mengatakan "mengapa tidak" untuk ide-ide yang baru. Ide-ide baru, terobosan-terobosan dalam penyelenggaraan pemerintahan pada saat ini sangat dibutuhkan.

Baca juga: MPI Gelar Malam Inagurasi IVL Season VII dan VIII dengan Prokes Ketat

"Dengan kemajuan teknologi yang demikian pesat, membuat sesuatu yang dulu tidak mungkin diwujudkan, saat ini menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan. Tentunya tantangan ini akan mendorong semua orang termotivasi untuk melakukan inovasi-inovasi," katanya.

Dengan penghargaan yang diberikan pada acara IVL ini, Menpan RB berharap dapat menjadi inspirasi kepala darah lainnya untuk itu melakukan perubahan visioner demi kesejahteraan masyarakat, khususnya di situasi pandemi Covid-19 ini.

Dalam kesempatannya sekaligus Tjahjo berpesan, agar para kepala daerah menggunakan jabatan dengan amanah, yang mewariskan hal-hal baik terhadap masyarakat yang dipimpinnya.

"Tidak banyak orang memperoleh kesempatan menjadi kepala daerah, karena itu gunakanlah amanah menjadi kepala daerah dengan memberikan warisan yang baik masyarakat di daerah. Agar saudara-saudara tetap dikenang sebagai kepala daerah yang menginspirasi masyarakat, kepala daerah memberikan warisan kebaikan dan masa depan yang cerah bagi masyarakat," tuturnya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1426 seconds (0.1#10.140)