Taliban Berkuasa, BIN Beri Perhatian Khusus Keamanan WNI di Afghanistan

Minggu, 22 Agustus 2021 - 08:44 WIB
loading...
Taliban Berkuasa, BIN Beri Perhatian Khusus Keamanan WNI di Afghanistan
Deputi VII BIN, Wawan H Purwanto mengatakan, pihaknya terus mencermati perkembangan situasi keamanan di Afghanistan pasca Taliban menguasai negara tersebut. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Intelijen Negara (BIN) memberi perhatian khusus mengenai keamanan Warga Negara Indonesia (WNI) di Afghanistan, seiring terjadinya konflik politik di negara tersebut.

Deputi VII BIN, Wawan H Purwanto mengatakan, pihaknya terus mencermati perkembangan situasi keamanan di Afghanistan pasca Taliban menguasai negara tersebut.

"Hal itu guna menghimpun informasi sebagai bahan masukan terhadap pemerintah agar bisa mengambil kebijakan yang terbaik untuk kepentingan bangsa dan negara Indonesia," ujar Wawan saat dikonfirmasi MNC, Minggu (22/8/2021).

Menurut Wawan, keselamatan WNI di Afghanistan menjadi prioritas bagi pemerintah. Karenanya, BIN memberikan dukungan penuh bagi upaya perlindungan WNI.

"BIN juga memberikan atensi terhadap kondisi WNI yang ada di Afghanistan. Hal itu merupakan bagian dari upaya untuk melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia. Saat ini keselamatan WNI di Afghanisatan menjadi prioritas bagi Pemerintah Indonesia," jelas Wawan.

Sebagai informasi, gerilyawan Taliban berhasil memasuki Ibu Kota Afghanistan, Kabul, pada Minggu 15 Agustus 2021. Dikuasainya Kabul menjadi puncak dari serangan kilat Taliban terhadap pemerintah Afghanistan.

Cepatnya keruntuhan pertahanan pemerintah Afghanistan setelah penarikan pasukan AS dari negara itu telah mengejutkan semua pihak. Pemerintah Indonesia pun memutuskan untuk mengevakuasi sejumlah WNI dari Kabul. Kini WNI tersebut telah berada di Tanah Air.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2649 seconds (0.1#10.140)