Reaksi KH Cholil Nafis Terkait Libur Tahun Baru Islam dan Maulid Nabi Digeser

Rabu, 04 Agustus 2021 - 10:43 WIB
loading...
Reaksi KH Cholil Nafis Terkait Libur Tahun Baru Islam dan Maulid Nabi Digeser
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH Cholil Nafis. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Keputusan pemerintah mengubah hari libur Tahun Baru Islam 1443 Hijriah dan Maulid Nabi Muhammad SAW mendapat tanggapan dari Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH Cholil Nafis.

Baca Juga: libur
Baca juga: Usai Libur Panjang, Pemain Persela Dihadiahi Latihan Intensitas Tinggi

"Ya mengubah tanggal Tahun Baru Islam, mengubah tanggalnya Maulid siapapun enggak bakalan bisa. Yang bisa mengubah itu Allah," kata Cholil Nafis kepada SINDOnews, Rabu (4/8/2021).

"Tapi mengubah hari libur yang baik seperti apa, yang bagaimana kemaslahatan masyarakat Indonesia, biar tidak terjadi mobilitas dan pergerakan dan berkerumun, tentu kita kembali kepada kemaslahatan yang dihitung oleh pemerintah," tambahnya.

Walaupun menurut dia, sebenarnya pada saat Pandemi Covid-19 sekarang, perubahan hari libur tidak begitu berpengaruh bagi sebagian besar masyarakat yang bekerja dari rumah atau work from home (WFH) atau orang kantoran.

"Karena kita memang banyak yang sambil jalan mobilitas itu sambil juga bekerja, itu sekarang sudah biasa," ucapnya.

Dia menilai, perubahan hari libur hanya berpengaruh pada masyarakat yang harus bekerja di lapangan atau di luar rumah. "Kalau enggak libur, dia masuk kerja. Tapi kalau libur, tidak masuk kerja. Tapi di tengah pada WFH semua, libur enggak libur kan mereka juga memang enggak ada mobilitasnya," ujarnya.

"Yang saya tangkap, enggak bakalan bisa menggeser tahun baru atau Maulid Nabi. Yang bisa digeser itu liburnya. Liburnya terserahlah pada pemerintah yang maslahah itu. Toh kita juga kayak libur terus nih, kerja di rumah kan kayak libur terus, sudah enggak ada yang ngantor kok. Mudah-mudahan kita segera selesai dari Pandemi ya," pungkasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1420 seconds (0.1#10.140)