Kebijakan New Normal, Jangan Jadikan Pesantren Episentrum Baru Corona

Kamis, 28 Mei 2020 - 18:59 WIB
loading...
Kebijakan New Normal, Jangan Jadikan Pesantren Episentrum Baru Corona
Ketua Umum Gerakan Pemuda (GP) Ansor Yaqut Cholil Qoumas. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Penerapan kebijakan new normal atau pola hidup baru di tengah pandemi Covid-19 atau virus Corona berpotensi menimbulkan masalah baru di lingkungan pesantren jika tidak dilakukan dengan persiapan matang.

(Baca juga: Ketua Komisi X Sebut Bentuk Tim Khusus Tangani New Normal di Pesantren)

Ketua Umum Gerakan Pemuda (GP) Ansor Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, di Indonesia ada 28.000 pesantren dan 18 juta santri yang belajar di dalamnya. Namun, selama ini negara masih abai terhadap keberadaan pesantren.

"Pesantren ini menjadi anak tiri di negeri ini. Padahal kita tahu, sejarah juga mencatat bahwa pesantren ini memiliki kontribusi yang besar atas kemerdekaan negeri ini," ujar Gus Yaqut dalam Bincang Seru Live IG SINDOnews bertajuk Menuju New Normal, Rabu 927/5/2020) malam.

Menurutnya, pesantren sangat rentan jika new normal diberlakukan tanpa terlebih dahulu ada persiapan matang. "Pesantren sangat rentan menjadi episentrum baru buat penularan Covid-19 karena rata-rata pesantren itu sangat sederhana," tuturnya.

"Saya tidak bicara pesantren besar, pesantren modern yang memang sudah mapan dan jumlahnya sedikit, pesantren kecil-kecil ini banyak, dan biasanya satu kamar bisa diisi 10-20 anak, itu bagaimana mereka bisa melakukan physical distancing sebagai syarat memperlemah penularan Covid-19," tambahnya.

Termasuk juga fasilitas wudu yang masih banyak menggunakan bak penampungan air besar yang digunakan wudu bersama-sama karena tidak ada fasilitas kran air yang mengalir.

"Saya kira situasi seperti ini jika pemerintah memberlakukan new normal tanpa memperhatikan keberadaan pesantren maka sama saja pemerintah ingin membunuh pesantren. Bukan hanya menganaktirikan, tapi menciptakan episentrum baru," ungkapnya.

Karena itu, Gus Yaqut mengaku sudah mengusulkan kepada Kementerian Agama terkait kehidupan normal baru di pesantren. Pertama, pemerintah perlu memberikan intervensi ketersediaan infrastruktur medis dan nonmedis.

"Harus disediakan tempat cuci tangan yang memiliki kapasitas besar. Ini penting karena menurut Menkes, salah satu cara mudah untuk menghindari Covid-19 adalah dengan rajin-rajin mencuci tangan atau hand sanitizer dan juga masker," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1811 seconds (0.1#10.140)