Ancaman Covid-19 terhadap Anak Harus Diatasi dengan Ketahanan Keluarga

Rabu, 07 Juli 2021 - 21:46 WIB
loading...
Ancaman Covid-19 terhadap Anak Harus Diatasi dengan Ketahanan Keluarga
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat saat membuka diskusi daring bertema Upaya Menyelamatkan Anak Indonesia dalam Pandemi yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12 di Jakarta, Rabu (7/7/2021). FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - PPKM darurat harus menjadi agenda prioritas bersama, karena paparan Covid-19 tidak hanya menyasar orang dewasa, tetapi juga terhadap anak-anak yang merupakan masa depan bangsa.

"Anak-anak menjadi salah satu kelompok yang rentan terhadap paparan Covid-19 dengan risiko yang sama tingginya dengan orang dewasa. Kondisi ini harus menjadi perhatian setiap keluarga dan kita bersama," kata Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat saat membuka diskusi daring bertema Upaya Menyelamatkan Anak Indonesia Dalam Pandemi (Tata Kelola Kesehatan Anak Hingga Persiapan Vaksinasinya), yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12 di Jakarta, Rabu (7/7/2021).

Dalam diskusi yang dimoderatori Anggiasari Puji Aryatie (Tenaga Ahli Wakil Ketua MPR RI Koordinator Bidang Penyerapan Aspirasi Masyarakat dan Daerah) itu, hadir Siti Nadia Tarmizi (Juru Bicara Kemenkes RI), Prof Bambang Supriyanto (Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan COVID-19), Retno Listyarti (Komisi Perlindungan Anak Indonesia), Prof Ni Nyoman Tri Puspaningsih (Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Community Development UNAIR/Ketua PUSAT Pusat Riset Rekayasa Molekul Hayati UNAIR) sebagai narasumber.

Baca juga: Minimalisir Paparan Covid-19, Kemenkes Imbau Anak di Bawah 10 Tahun Tak Tarawih di Masjid

Selain itu juga menghadirkan Prof Tjandra Yoga Aditama (Guru Besar Fakultas Kedokteran UI),Dieny Tjokrosuprihatono (Dewan Pakar DPP Partai NasDem), dan Ahmad Arif (jurnalis Kompas) sebagai penanggap.

Menurut Lestari, selama lebih dari satu setengah tahun ini diakui anak-anak kehilangan kehidupan yang diwarnai keceriaan bermain bersama teman-temannya, karena harus tetap tinggal di rumah bersama keluarga. Namun, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, dengan semakin ganasnya varian Covid-19 saat ini upaya untuk membuka interaksi sosial anak di luar rumah harus dipertimbangkan lagi secara matang.

Saat ini, ujar Rerie, sejumlah negara sudah ada yang memilih untuk melonggarkan protokol kesehatan di area publik. Di negara lainnya, ada yang tetap mewajibkan protokol kesehatan ketat untuk menghindari ledakan kasus, akibat varian baru Covid-19.

Menurut anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, sejumlah pilihan-pilihan kebijakan dari berbagai negara itu harus menjadi pembelajaran bagi kita dalam menghadapi gelombang baru sebaran Covid-19 di tanah air. Apalagi, tegasnya, paparan Covid-19 saat ini juga menjangkau anak-anak. Saat ini, ujar Rerie, kita masih berada di tengah ujian dalam menghadapi ledakan kasus positif Covid-19 di sejumlah daerah.

Baca juga: Efektif Cegah Paparan COVID-19, Budaya Wajib Masker Harus Terus Dikampanyekan

"Mari kita memperkuat disiplin kita dan keluarga dalam menerapkan protokol kesehatan, agar anak-anak kita terlindungi dari paparan Covid-19," tegasnya.

Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan COVID-19, Bambang Supriyanto mengungkapkan, pada awalnya anak-anak tidak menjadi perhatian, tetapi karena kasusnya terus meningkat sehingga membutuhkan kewaspadaan bersama.

Menurut Bambang, berbicara ancaman Covid-19 terhadap anak tidak bisa melulu berdasarkan pertimbangan angka-angka, tetapi harus dilihat dari potensi yang hilang dari generasi penerus bangsa, bila terjadi kematian anak-anak. Ia menyarankan, agar dilakukan penundaan pembelajaran tatap muka (PTM) untuk mengantisipasi peningkatan paparan Covid-19 terhadap anak-anak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2420 seconds (0.1#10.140)