Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Ingin Terus Mewarisi Api Semangat Bung Karno dan Megawati

Rabu, 07 Juli 2021 - 13:07 WIB
loading...
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Ingin Terus Mewarisi Api Semangat Bung Karno dan Megawati
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto hari ini berulang tahun ke-55. Dia pun mengungkap sebuah keinginannya mewarisi api semangat Bung Karno dan Megawati Soekarnoputri .

Menurut Hasto, semakin bertambah usia, Hasto ingin terus mewarisi api semangat dari Proklamator RI Bung Karno dan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Ide, pemikiran dan gagasan Bung Karno untuk Indonesia dan dunia selalu relevan sepanjang zaman. Itu juga menjadi motivasi saya mengangkatnya dalam disertasi saya nanti," kata Hasto, Rabu (7/7/2021).

Di sisi lain, Hasto mengatakan dirinya tidak merayakan ulang tahunnya. Kontemplasi dan berdoa menjadi pilihannya. Tak ada tiup lilin. "Secara pribadi saya tidak punya tradisi merayakan ultah. Terlebih saat ini di tengah pandemi. Selain itu dari aspek Primbon sebagai salah satu bukti peradaban khasanah kosmologi Jawa, sebaiknya hidup itu penuh dengan ‘eling lan waspada’. Hidup itu juga penuh dengan tradisi spiritual yang harus mencerahkan bagi sesama," kata Hasto



Hasto mengatakan, tadi malam sebelum tidur berkontemplasi dan berdoa. Pagi tadi seusai bangun kembali berdoa. "Mengucap syukur kepada Sang Maha Pencipta, kini saya berusia 55 tahun. Tak dirayakan secara khusus. Bukan tak ingin disapa secara langsung, tapi mengikuti himbauan Pemerintah, tegur sapa dan doanya dari jarak jauh," ucap Hasto.

Situasi pandemi Covid-19 menurut Hasto sangat memengaruhi pergerakan dan kegiatannya selama hampir lebih satu setengah tahun. Apalagi, kini Pemerintah memutuskan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

"Sebenarnya 'gatal' ingin mengunjungi kantor partai di daerah. Berdialog secara langsung dengan anak ranting, ranting dan PAC serta tiga pilar PDI Perjuangan. Tapi kini aktivitas itu tak bisa dilakukan," jelasnya.



Selain mengorganisir kegiatan partai atau rapat DPP secara online atau daring, Hasto kini mengaku mulai sibuk menyiapkan disertasi. Untuk diketahui Hasto sedang mengambil kuliah S3 di Universitas Pertahanan tentang geopolitik Sukarno.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1888 seconds (0.1#10.140)