33 Calon Dubes Jalani Uji Kelayakan di Komisi I DPR Pekan Depan

Rabu, 07 Juli 2021 - 11:19 WIB
loading...
33 Calon Dubes Jalani Uji Kelayakan di Komisi I DPR Pekan Depan
Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengungkapkan uji kelayakan calon dubes RI akan digelar pekan depan. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Setelah melakukan lockdown lokal selama dua pekan, Komisi I DPR akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap 33 calon duta besar ( dubes ) RI untuk negara sahabat pada Senin-Rabu (12-14 Juli) pekan depan.

Menurut Ketua Komisi I DPR Meutya Viada Hafid, uji kelayakan diputuskan dalam rapat internal Komisi I DPR. Komisi I DPR sepakat bahwa hal ini penting segera dilakukan, karena adanya kekosongan perwakilan RI di negara-negara tersebut untuk efektivitas diplomasi di masa pandemi Covid-19.

"Hari ini Komisi I menjalankan rapat internal Komisi yang memutuskan agenda dan jadwal fit and proper test calon duta besar RI untuk negara-negara sahabat. Mengingat pentingnya untuk mengisi kekosongan perwakilan di masa pandemi untuk efektivitas diplomasi luar negeri," kata Meutya dalam akun twitternya @meutyahafid, Selasa (7/7/2021).



Meutya menjelaskan, Komisi I DPR akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap 33 calon dubes RI pada 12-14 Juli 2021. Agenda itu dilakukan dengan penyesuaian jumlah anggota, waktu bicara, peserta rapat, dan hal lainnya dengan menyesuaikan protokol kesehatan Covid-19.

"Ada 33 calon dubes yang dibagi ke dalam enam sesi rapat di antaranya untuk AS, Australia, Korea Selatan, Arab Saudi, India," terangnya.

Menurut Ketua DPP Partai Golkar ini, keputusan ini juga berdasarkan komunikasi dengan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) yang menyampaikan bahwa 33 calon dubes ini sudah siap. "Hal ini juga berdasar komunikasi dengan mitra kami, Kementerian Luar Negeri yang menyampaikan bahwa seluruh 33 calon duta besar telah siap dan yang dari mancanegara sudah berada di Jakarta dan karantina."
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2105 seconds (0.1#10.140)