Soal Pembukaan Sekolah, Keselamatan Rakyat Harus Jadi Prioritas Utama

Rabu, 27 Mei 2020 - 09:54 WIB
loading...
Soal Pembukaan Sekolah, Keselamatan Rakyat Harus Jadi Prioritas Utama
Anggota Komisi X DPR, Bramantyo Suwondo mengatakan keselamatan dan kesehatan masyarakat harus dijadikan prioritas utama dalam merealisasikan pembukaan kembali sekolah. Foto/dpr.go.id
A A A
JAKARTA - Keselamatan dan kesehatan masyarakat harus dijadikan prioritas utama dalam merealisasikan pembukaan kembali sekolah. Diketahui, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) belum bisa memastikan kapan siswa bisa kembali belajar di sekolah.

"Menurut saya, kebijakan pembukaan sekolah kembali dapat dilakukan pada waktu dimana angka penularan COVID-19 sudah memperlihatkan penurunan secara nasional," ujar Anggota Komisi X DPR RI Bramantyo Suwondo kepada SINDOnews, Rabu (27/5/2020). (Baca juga: Kemendikbud Harus Punya Peta Terverifikasi Sebelum Buka Sekolah)

Kemudian, kata dia, pemerintah termasuk para pakar medis juga harus sudah lebih yakin bahwa situasi sudah lebih dapat dikontrol dalam hal penularan COVID-19. "Memang pendidikan itu sangatlah penting," kata Politikus Partai Demokrat ini.

Dia melanjutkan memastikan generasi penerus selanjutnya memiliki kualitas pendidikan yang baik itu sangatlah penting. Akan tetapi, kata dia, menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat sama pentingnya.

"Menurut saya prioritas kita pada saat ini haruslah menempatkan keselamatan dan kesehatan masyarakat menjadi prioritas yang utama, karena ini menyangkut kehidupan tidak hanya peserta didik, orang tua murid dan tenaga pendidik, tapi ini juga menyangkut tentang kehidupan masyarakat secara luas," kata legislator asal Dapil Jawa Tengah XI ini. (Baca juga: Sekolah Bakal Dibuka Lagi, DPR Minta Lakukan Simulasi Protokol Kesehatan)

"Di saat situasi penularan sudah dapat lebih terkontrol, barulah kita bisa membuka sekolah kembali," imbuhnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1213 seconds (0.1#10.140)