Widodo Ekatjahjana Jabat Plt Dirjen Imigrasi Gantikan Jhoni Ginting

Rabu, 30 Juni 2021 - 19:08 WIB
loading...
Widodo Ekatjahjana Jabat Plt Dirjen Imigrasi Gantikan Jhoni Ginting
Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H Laoly menunjuk Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kemenkumham RI Widodo Ekatjahjana sebagai Pelaksana Tugas Dirjen Imigrasi. FOTO/SINDOnews/RAKA DWI NOVIANTO
A A A
JAKARTA - Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H Laoly menunjuk Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kemenkumham RI Widodo Ekatjahjana sebagai Pelaksana Tugas Dirjen Imigrasi . Dirjen Imigrasi Jhoni Ginting mulai Kamis (1/7/2021) besok memasuki masa pensiun.

Di hari terakhir sebagai Direktur Jenderal Imigrasi, Jhoni Ginting mengucapkan terima kasih dan penghargaannya kepada seluruh stakeholder yang menghadiri acara tersebut. "Kepada rekan-rekan sejawat saya yang hadir, saya ingin menyampaikan terima kasih untuk seluruh dukungan dan bantuannya selama ini. Ingatlah hal yang baik tentang saya, sedangkan yang tidak baik mohon dimaafkan dan dilupakan," katanya.

Jhoni berharap, Plt Dirjen Imigrasi dapat melaksanakan pekerjaan dengan baik. "Saya berharap dan saya yakin bahwa Prof Widodo nantinya akan dapat merampungkan pekerjaan yang belum terselesaikan secara jauh lebih baik," katanya.

Baca juga: Penangkapan Hendra Subrata Kerja Sama Kejagung dengan Dirjen Imigrasi dan Mabes Polri

Mengamini pesan Jhoni Ginting, Plt Direktur Jenderal Imigrasi, Widodo Ekatjahjana menyatakan dirinya terus berupaya mengikuti perkembangan tugas dan fungsi keimigrasian. Kebijakan keimigrasian menitikberatkan pembatasan mobilitas orang masuk dan keluar wilayah Indonesia sebagai penanggulangan penyebaran Covid-19.

Widodo juga memahami bahwa di waktu yang bersamaan, pemerintah berupaya melakukan pemulihan ekonomi nasional dalam masa adaptasi kebiasaan baru, sehingga terdapat pula penyesuaian terhadap kebijakan keimigrasian.

"Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi saya yang diberikan kepercayaan oleh Bapak Menteri Hukum dan HAM. Oleh karena itu, saya meminta dukungan dari semua pihak, khususnya jajaran Imigrasi, untuk membantu saya dalam menjalankan tugas-tugas yang dipercayakan kepada saya," kata Widodo.

Sementara itu, Menkumham Yasonna H Laoly menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Jhoni Ginting. Ia memiliki kesan yang mendalam mengenai sepak terjang Jhoni Ginting selama menjabat sebagai Direktur Jenderal Imigrasi.

Baca juga: Usut Paspor Palsu Adelin Lis, Bareskrim Koordinasi dengan Ditjen Imigrasi

"Saya melihat perkembangan pelaksanaan fungsi Imigrasi di bawah kepemimpinan Bapak Jhoni Ginting yang semakin banyak melakukan inovasi, baik pelayanan maupun penegakan hukum. Di saat awal Pandemi Covid-19, Direktorat Jenderal Imigrasi telah melakukan upaya antisipasi pencegahan masuknya Covid-19 dengan melarang masuk seluruh orang asing dengan riwayat perjalanan dari RRT saat Covid-19 mulai melanda Tiongkok. Ditjen Imigrasi juga terus aktif dan produktif, regulasi demi regulasi terus disusun untuk melindungi seluruh warga Indonesia dari ancaman gelombang pandemi yang lebih besar," katanya.

Yasonna juga menyampaikan harapannya kepada Pelaksana Tugas Dirjen Imigrasi agar selalu sigap, melihat tugas tersebut merupakan tugas yang berpacu antara penyesuaian, pembelajaran dan pelaksanaan dalam satu waktu.

Jhoni Ginting diangkat sebagai Dirjen Imigrasi pada 4 Mei 2020 setelah menjabat sebagai Inspektur Jenderal Kemenkumham RI. Sementara Widodo Ekatjahjana merupakan Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Jember. Pria berusia 50 tahun ini baru saja dilantik sebagai Kepala BPHN pada Kamis (17/6/2021). Sebelumnya menjabat sebagai Dirjen Peraturan Perundang-Undangan Kemenkumham RI.

Pelantikan dilakukan secara hybrid yang dihadiri secara virtual oleh para Kepala Kantor Imigrasi dan Rumah Detensi Imigrasi se-Indonesia.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1191 seconds (0.1#10.140)