Survei SMRC: 84,3% Ingin Presiden Tetap Dipilih Rakyat, Bukan MPR

Minggu, 20 Juni 2021 - 16:45 WIB
loading...
Survei SMRC: 84,3% Ingin Presiden Tetap Dipilih Rakyat, Bukan MPR
Hasil survei nasional Saiful Mujani Research and Consulting menunjukkan, 84,3 persen rakyat Indonesia menginginkan presidennya dipilih langsung oleh rakyat. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Hasil survei nasional Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan, 84,3 persen rakyat Indonesia menginginkan presidennya dipilih langsung oleh rakyat, bukan melalui keterwakilan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Sementara itu, hanya 8,4 persen warga yang setuju presiden dipilih oleh MPR.



Berdasarkan hasil survei tersebut, Ade menjelaskan bahwa mayoritas masyarakat tidak ingin menerapkan pola seperti jaman orde baru. Di mana, saat itu, presiden dipilih tidak langsung oleh rakyat, melainkan diwakilkan MPR.

"Survei SMRC ini menunjukkan mayoritas rakyat tidak mendukung gagasan pemilihan presiden oleh MPR seperti di era Orde Baru. Mayoritas rakyat menganggap pemilihan langsung adalah pilihan terbaik," pungkasnya.

Sekadar informasi, survei nasional yang dilakukan SMRC tersebut digelar pada 21 sampai 28 Mei 2021. Penelitian melalui wawancara tatap muka ini melibatkan 1.072 responden yang dipilih melalui metode penarikan sampel random bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error penelitian ± 3.05%.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1555 seconds (0.1#10.140)