Relawan Jadi Modal Politik Jokowi, Bisa Pengaruhi Peta Pilpres 2024

Kamis, 17 Juni 2021 - 17:09 WIB
loading...
Relawan Jadi Modal Politik Jokowi, Bisa Pengaruhi Peta Pilpres 2024
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat di tengah massa pendukungnya pada tahun 2014 silam. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Relawan Jokowi dinilai merupakan modal politik bagi Presiden Joko Widodo untuk ikut menentukan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Presiden Jokowi beberapa hari lalu memberikan arahan kepada relawan pendukungnya, Seknas Jokowi untuk menyambut Pilpres 2024.

"Relawan Jokowi merupakan modal politik bagi Jokowi untuk ikut menentukan Pilpres 2024. Sebab relawan Jokowi merupakan sebagian besar pendukung fanatik yang mengikuti langkah politik Jokowi," ujar Pengamat Politik dan Direktur IndoStrategi Research and Consulting, Arif Nurul Imam kepada SINDOnews, Kamis (17/6/2021).

Dalam kacamata politik, kata dia, keberadaan relawan menjadi bargaining Jokowi, sehingga menjadi salah satu kekuatan politik yang perlu dihitung dalam Pilpres 2024.

"Kenapa Jokowi bicara sejak dini tentang Pilpres ? Karena beberapa organ relawan Jokowi telah menyatakan mendukung bakal capres potensial seperti Ganjar Pranowo," ujarnya.

Padahal, kata dia, Jokowi hingga hari ini belum memiliki sosok yang bakal dijagokannya pada Pilpres 2024. "Sehingga Presiden Jokowi wanti-wanti ojo kesusu atau jangan terburu-buru," lanjutnya.

Sekadar diketahui, sebelumnya Presiden Jokowi menginginkan para relawan menunggu komando darinya untuk menyambut pesta demokrasi lima tahunan itu.

"Sekarang saja sudah ada relawan Jokowi yang ditarik mendukung si A. Sudah ada yang dirayu mendukung si B. Dirangkul oleh si C, dan sebagainya. Tapi masih lebih banyak lagi yang masih menunggu," kata Jokowi dalam video yang diunggah di kanal Youtube Seknas Jokowi seperti dikutip, Senin 14 Juni 2021. Baca juga: Luna Animisha, Manusia Langka yang Lahir dengan Kelamin Pria
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1508 seconds (0.1#10.140)