Pemkab Serang Salurkan Donasi untuk Palestina

Selasa, 08 Juni 2021 - 02:11 WIB
loading...
Pemkab Serang Salurkan Donasi untuk Palestina
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang telah selesai menghimpun donasi kemanusiaan untuk masyarakat Palestina hingga Rp 537,16 juta. iNews TV/Mahesa
A A A
SERANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang telah selesai menghimpun donasi kemanusiaan untuk masyarakat Palestina hingga Rp 537,16 juta. Dana tersebut disalurkan melalui Palang Merah Indonesia (PMI) Rp 275 juta dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Rp 262,16 juta.

Donasi kemanusiaan tersebut dihimpun dari aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Serang dan masyarakat Kabupaten Serang. "Respons dari keluarga besar ASN dan masyarakat Kabupaten Serang luar biasa untuk saudara kita di Palestina,” kata Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah di sela-sela penyerahan donasi kepada ACT di Pendopo Bupati Serang, Senin (7/6/2021).

Pekan lalu, Pemkab Serang lebih dulu menyerahkan donasi kepada PMI di Jakarta. "Saat ini semua dalam kondisi sulit, dan kita semua tetap punya keinginan untuk berbagi. Jika melihat anggaran memang tidak seberapa, tetapi semoga bermanfaat untuk saudara kita di Palestina. Dan harapan semua muslim di seluruh dunia, semoga Palestina merdeka,” ujarnya.

Menurut Tatu, ACT maupun PMI adalah lembaga sosial yang bisa menyalurkan donasi dari Pemkab Serang. “Karena saya selaku ketua PMI Banten, kita juga pakai jalur PMI yang punya jejaring internasional. Dan ACT juga punya perwakilan di Palestina. Jadi semua bisa dipertanggungjawabkan,” ujarnya.

Tatu berharap, ACT terus membantu masyarakat Kabupaten Serang, dan untuk memaksimalkan program kemanusiaan, bisa melakukan kerja sama dengan Pemkab Serang. “Kita bersama memupuk kepedulian, kedermawanan, yang mampu membantu yang membutuhkan. Jika kepedulian di tengah-tengah masyarakat tinggi, insya Allah banyak masyarakat yang bisa terbantu,” ujarnya.

Branch Manager ACT Serang Raya, Aiz Komarudin mengapresiasi kepedulian ASN dan masyarakat Kabupaten Serang, terutama Bupati Serang. “Bukan sebesar apa nominal yang kita berikan, tapi seberapa peduli terhadap saudara kita di palestina. Insya Allah kami salurkan melalui perwakilan ACT di Palestina,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, bantuan yang disampaikan Pemkab Serang akan dimanfaatkan untuk pembangunan Sumur Wakaf untuk kebutuhan air bersih masyarakat Palestina. “Kami akan buat prasasti Sumur Wakaf Kabupaten Serang di Palestina,” ujarnya. Baca: COVID-19 di Kudus Menggila, Ini Sikap Dua Bupati Tetangga.

Aiz mengaku punya harapan yang sama dengan Bupati Serang, menghadirkan kedermawanan di tengah-tengah masyarakat. Agar masyarakat yang mampu secara ekonomi, menopang yang membutuhkan. “Selain membantu ke Palestina, kita juga ada program di daerah. Salah satunya program UMKM. Kami berikan bantuan tanpa bunga, cukup mengembalikan modal yang diberikan,” pungkasnya. Baca Juga: Ada Warga Tewas Ditembak di Pasar Jibama Wamena Papua, Sejumlah Pedagang Mengungsi.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1857 seconds (0.1#10.140)