Posisi Ridwan Kamil Jadi Cawapres Menguat, Mungkinkah dengan Airlangga?

Sabtu, 05 Juni 2021 - 18:32 WIB
loading...
Posisi Ridwan Kamil Jadi Cawapres Menguat, Mungkinkah dengan Airlangga?
Pertemuan antara Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meramaikan perpolitikan sebagai kode awal 2024. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pertemuan antara Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meramaikan perpolitikan tanah air. Disinyalir sebagai 'kode awal' dalam Pemilihan Presiden 2024.

Baca juga: Miliki Kekuatan Struktural dan Kultural, Airlangga-Anies Capres Potensial 2024

Pertemuan antara Airlangga dan Ridwan Kamil atau Kang Emil pun sarat akan simbol politik. Misalnya, Emil mengenakan pakaian kuning, warna khas dari Partai Golkar.

Baca juga: Miliki Peran Strategis, Menko Airlangga Dorong Penyelesaian Bendungan Sukamahi

Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial Center for Strategic and International Studies (CSIS) Arya Fernandes mengatakan pertemuan antara Airlangga dengan Emil sebagai penjajakan awal.

Baca juga: Jadwal Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 Belum Final

Juga untuk melihat bagaimana respons publik dalam pertemuan antar tokoh politik tersebut. Arya mengibaratkan sebagai 'testing the water' atau ingin melihat reaksi publik.

"Ya semua ini kan testing the water. Coba lihat penjajakan. Kira-kira kalau ketemu tokoh politik tertentu reaksi publik bagaimana. Respon elitnya gimana, respon partai-partai gimana," ujar Arya, Sabtu (5/6/2021).

Arya melihat sosok Kang Emil kerap bertemu dengan tokoh-tokoh politik. Hal itu membuatnya menguat sebagai calon wakil presiden pada Pilpres 2024. Didukung dengan elektabilitas Emil di sejumlah lembaga survei, berkisar di angka 5-10 persen.

"Mungkin posisinya cawapres. Saya menduga peristiwa politik belakangan ini, membuat posisi tawar RK menjadi cawapres di pasar politik itu meningkat. Dibandingkan calon-calon lain karena selain elektabilitas cukup bagus 5-10 persen. Dia punya pengalaman politik," tutur Arya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2322 seconds (10.101#12.26)