Parpol Mulai Berani Tawarkan Jagonya di Pilpres 2024, Pengamat Bilang Akan Terseleksi

loading...
Parpol Mulai Berani Tawarkan Jagonya di Pilpres 2024, Pengamat Bilang Akan Terseleksi
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Foto/Dok SINDOnews
JAKARTA - Sejumlah tokoh yang dimunculkan oleh masing-masing partai politik (paropol) saat ini untuk menjadi kandidat di Pilpres 2024 dinilai akan terseleksi. Sehingga, tidak semua yang dimunculkan itu menjadi calon presiden dan wakil presiden mendatang.

Pengamat Politik dan Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Riset dan Analisis (SUDRA) Fadhli Harahab tak menampik bahwa jagonya masing-masing parpol yang dimunculkan saat ini rentan diserang musuh dengan isu atau cara apa pun. "Di situlah seleksinya," katanya kepada SINDOnews, Sabtu (5/6/2021).

Dia mengatakan, bagaimana pun publik perlu mengetahui latar belakang calon pemimpinnya. "Sehingga publik tidak asal pilih seperti memilih nangka dalam karung. Parpol juga tidak asal kasih tawaran," pungkasnya.

Baca juga: Pasang Kuda-kuda Pilpres 2024, Parpol Mulai Berani Munculkan Jagoannya



Sekadar diketahui, Partai Gerindra sudah mendorong ketua umum mereka, Prabowo Subianto untuk kembali maju Pilpres 2024. Partai Golkar juga mendorong ketua umum berlambang pohon beringin itu, Airlangga Hartarto.

Partai Demokrat dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Sementara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendorong ketua umumnya, Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin atau Gus Ami).

Baca juga: Kans Cak Imin-AHY di Pilpres 2024 Kecil, Pengamat: Sayang Energi Politiknya

Lalu, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang sempat menyedot perhatian karena isu persaingan antara Ketua DPR RI Puan Maharani dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024.

Selain itu, Partai Amanat Nasional (PAN) yang menginginkan Ketua Dewan Kehormatannya, Soetrisno Bachir menjadi bakal calon presiden. Muncul pula nama Zulkifli Hasan dan Hatta Rajasa.
(zik)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top