AS Tidak Bisa Perbaiki Kapal Rusak Jika Perang dengan Rusia Atau China

Jum'at, 04 Juni 2021 - 08:28 WIB
loading...
AS Tidak Bisa Perbaiki Kapal Rusak Jika Perang dengan Rusia Atau China
Kapal serbu amfibi USS Bonhomme Richard terbakar saat di Pangkalan Angkatan Laut San Diego. Foto/Newshere
A A A
WASHINGTON - Angkatan Laut (AL) Amerika Serikat (AS) tidak siap untuk melakukan perbaikan pada kapal perang yang rusak dalam pertempuran dengan kekuatan besar seperti China atau Rusia . Demikian laporan yang dikeluarkan oleh pengawas pemerintah minggu ini.

“Kemampuan untuk memperbaiki dan memelihara kapal memainkan peran penting dalam mempertahankan kesiapan Angkatan Laut,” kata Kantor Akuntabilitas Pemerintah (GAO) dalam sebuah laporan terbaru.

Tetapi kemampuan kritis itu saat ini tidak miliki, terutama dalam hal memperbaiki kapal yang rusak di pertempuran dan membuat mereka kembali bertempur.

Angkatan Laut AS tidak perlu dengan cepat memperbaiki kapal yang rusak dalam konflik dengan kekuatan besar sejak Perang Dunia II, ketika kapal perang kurang maju dan kompleks daripada kapal modern saat ini dan AS memiliki kapasitas industri yang jauh lebih kuat.

Setelah berakhirnya Perang Dingin, kedinasan mengalihkan fokusnya dari perbaikan masa perang ke pemeliharaan masa damai, mengurangi jumlah galangan kapal publik dan melepaskan beberapa aset perbaikan angkatan laut yang penting.

"Munculnya musuh abad ke-21 yang mampu menghasilkan ancaman kelas atas dalam peperangan - disebut sebagai pesaing dengan kekuatan besar - menghidupkan kembali kebutuhan Angkatan Laut untuk memeriksa kembali kemampuan perbaikan kerusakan pertempurannya untuk memastikan siap menghadapi potensi konflik," kata laporan GAO seperti dikutip dari Business Insider, Jumat (4/6/2021).

GAO menambahkan bahwa tergantung pada sifat konflik, Angkatan Laut mungkin tidak dapat mengandalkan kapal tambahan untuk menggantikan yang rusak - membuat kebutuhan akan kemampuan perbaikan kerusakan pertempuran menjadi lebih penting.

Pentagon tahun ini melaporkan bahwa China memiliki angkatan laut terbesar di dunia, dengan kekuatan tempur keseluruhan sekitar 350 kapal, termasuk 130 kombatan di permukaan utama. China juga merupakan negara pembuat kapal teratas di dunia berdasarkan tonase, yang berarti kemungkinan memiliki kemampuan untuk dengan cepat membangun kekuatan angkatan lautnya atau mengganti kerugian tempur.



Angkatan Laut AS memiliki kekuatan yang terbukti, lebih mampu tetapi lebih kecil dan lebih lambat dalam menghasilkan kapal, menunjukkan bahwa ia mampu menanggung kerugian yang jauh lebih sedikit dalam konflik besar mengingat tantangan yang dihadapi layanan untuk menggantikannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1941 seconds (0.1#10.140)