Wapres Forum Parlemen Muslim Dunia Desak PBB Hentikan Kebrutalan Israel

Minggu, 16 Mei 2021 - 16:52 WIB
loading...
Wapres Forum Parlemen Muslim Dunia Desak PBB Hentikan Kebrutalan Israel
Wakil Presiden Forum Parlemem Muslim Dunia Jazuli Juwaini mendesak PBB menghentikan serangan brutal Israel ke Palestina. FOTO/DOK.SINDOnews/KISWONDARI
A A A
JAKARTA - Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini mengungkapkan kepedihan atas meninggalnya ratusan rakyat sipil Palestina menyusul serangan brutal Israel ke wilayah Gaza dalam beberapa hari terakhir. Sejumlah media memberitakan jumlah korban tewas mencapai 132 orang, 950 orang luka-luka dan jumlahnya terus bertambah. Angka itu termasuk 32 anak-anak dan 21 wanita.

Jazuli yang juga menjabat sebagai Wakil Presiden Forum Parlemen Muslim Dunia ini meminta agar PBB dan organisasi internasional terkait tidak tinggal diam melihat pembantaian warga sipil di depan mata dunia.

"PBB dan organisasi negara Islam, khususnya negara-negara di kawasan Timur Tengah, harus segera menggelar rapat darurat untuk menghentikan agresi dan kebiadaban Israel yang semakin brutal," kata Jazuli kepada wartawan, Minggu (16/5/2021).

Baca juga: Bela Palestina, Lusa Ribuan Buruh Turun ke Jalan Serentak di 24 Provinsi

Anggota Komisi I DPR menekankan, perlunya berulang kali menyuarakan bahwa nasib rakyat Palestina menjadi tragedi kemanusiaan terbesar sepanjang sejarah umat manusia. Palestina menjadi satu-satunya bangsa yang hidup dalam penjajahan di abad modern, sementara bangsa-bangsa lainnya telah menikmati kebebasan dan kemerdekaan.

"Fraksi PKS mendesak negara-negara dunia untuk mengambil tanggung jawab kemanusiaan, tidak melihatnya sebagi konflik dua negara, apalagi menutup mata atas brutalisme yang dilakukan Israel," katanya.

Legislator Dapil Banten ini juga mengapresiasi sikap dan langkah pemerintah Indonesia Republik melalui Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) yang menyatakan tegas mendukung perjuangan rakyat Palestina. Ini merupakan amanat UUD 1945 dan utang sejarah Indonesia yang telah disuarakan sejak Presiden RI pertama Sukarno. Pemerintah RI juga telah menempuh berbagai upaya untuk mendesak sidang darurat baik di level negara-negara OKI, GNB, hingga Dewan Keamanan PBB.

Baca juga: Mengenang Rachel Corrie: Membela Palestina, Dibuldoser Israel

Di samping diplomasi yang sudah berjalan, Jazuli mendorong pemerintah untuk memberikan bantuan yang riil dan konkret sesuai yang dibutuhkan rakyat Palestina saat ini. Terlebih lagi solidaritas dalam negeri untuk membantu rakyat Palestina saat ini luar biasa.

"Saatnya dunia menunjukkan sikap yang jelas dan tegas terhadap Israel yang terus menggerogoti wilayah Palestina dan membunuhi rakyat sipil tak berdosa," kata Jazuli.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1564 seconds (0.1#10.140)