Saat Lebaran Penumpang KRL hanya 226.000, Kalah dengan pada Hari Kerja

Jum'at, 14 Mei 2021 - 23:59 WIB
loading...
Saat Lebaran Penumpang KRL hanya 226.000, Kalah dengan pada Hari Kerja
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mencatat jumlah penumpang pada hari Lebaran mencapai 226.000. Angka tersebut masih lebih kecil dibandingkan rata-rata penumpang pada hari kerja.

VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba mengatakan, pada hari Lebaran pergerakan penumpang yang paling tinggi ada di Stasiun Bogor. Namun tidak dirincikan berapa persen dari jumlah 226.000 penumpang KRL yang keluar dan masuk dari Stasiun Bogor.

Baca juga:Ditegur Menhub, PT KCI Akan Batasi Jumlah Penumpang per Gerbong

“Jadi kemarin hari pertama Lebaran itu 226 ribu. Pasti Bogor, Stasiun Bogor nomor satu,” ujarnya saat ditemui di Stasiun Manggarai, Jakarta, Jumat (14/5/2021).

Sementara itu, untuk stasiun tersibuk masih dipegang oleh Stasiun Manggarai. Mengigat Stasiun Manggarai menjadi salah satu titik transit penumpang kereta dari berbagai tujuan stasiun.

“Tapi untuk mobilisasi di stasiun transit dia kan enggak keluar ya, dan enggak banyak masuk. Tetapi stasiun ini adalah stasiun tersibuk. Cuma orang yang melakukan in atau gate out itu banyaknya di Bogor,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi fenomena mudik lokal, pihaknya akan melakukan pembatasan jam operasional. Termasuk juga jumlah armada yang beroperasi akan dibatasi hanya 886 kereta saja setiap harinya.

“Jadi kita melakukan 886 perjalanan per hari, dan operasionalnya sampai jam 8 malam. Biasanya kan kami menjalankan 984 perjalanan, tapi sampai jam 10 malam,” jelasnya.

Baca juga:Mitsubishi Delica Kekar dan Menggoda, tapi Kenapa Banyak yang Tak Suka?

Selain itu, lanjut Anne, pihaknya juga akan melakukan rekayasa operasi KRL dengan memperpendek headway atau jarak antar-kereta. Rekayasa ini akan dilakukan pada siang hari ketika aktivitas masyarakat sedang ramai.

“Jadi nanti teman-teman operasi kami akan lakukan pola operasi rekayasa lagi, memperkecil headaway siang hari,” jelasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1380 seconds (0.1#10.140)