Jalan-Jalan Melihat Lebih Dekat Mobil Tertua di Dunia

Jum'at, 14 Mei 2021 - 06:02 WIB
loading...
Jalan-Jalan Melihat Lebih Dekat Mobil Tertua di Dunia
Sejarah mobil pertama di dunia dimulai pada 1769, lewat kreativitas seorang ilmuwan berkebangsaan Perancis, bernama Nicolas J. Cugnot. Foto/Ist.
A A A
WASHINGTON - Selalu ada yang pertama. Tentu istilah tersebut tak asing di telinga. Begitu juga dengan industri otomotif. Kelahiran mobil pertama dan menjadi yang tertua di dunia, menjadi cikal bakal perkembangan industri saat ini.

Sedari awal hingga sekarang, sudah ada ribuan mobil baru yang diciptakan oleh berbagai merek yang berkecimpung di industri otomotif. Tetapi bagaimana kisah mobil pertama dan tertua di dunia?



Sejarah mobil pertama di dunia dimulai pada 1769, lewat kreativitas seorang ilmuwan berkebangsaan Perancis, bernama Nicolas J. Cugnot.

Saat itu, Cugnot berhasil menciptakan sebuah kendaraan beroda tiga. Tak seperti mobil yang ada sekarang, wujud mobil pertama cenderung besar, dan penggeraknya menggunakan tenaga uap.

Ide perakitan kendaraan tersebut didasari untuk keperluan mengangkut meriam semasa perang. Hasil ciptaannya ini belum dapat dikatakan sempurna, karena masih sangat sederhana.

Jangan berharap ada fitur-fitur canggih, perakitan benda ini saja belum sempurna, sehingga masih sering terjadi kecelakaan dan memerlukan perawatan di sana-sini.

Mengutip dari berbagai sumber, karya Cugnot menyulut inspirasi insinyur lainnya dan mulai ikut merakit kendaraan serupa.

Di antaranya adalah William Murdock dan James Watt, insinyur berkebangsaan Inggris ini turut menciptakan kendaraan bermesin uap, pada tahun 1784.

Lalu ada beberapa ilmuwan lain yang menciptakan mobil yang juga masih bermesin uap, seperti Richard Trevitchik dan Sir G. Gurnay pada tahun 1830.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2448 seconds (0.1#10.140)