KAI Sebut Ada Penumpang Kereta Batal Berangkat karena Tak Penuhi Syarat

Selasa, 11 Mei 2021 - 19:10 WIB
loading...
KAI Sebut Ada Penumpang Kereta Batal Berangkat karena Tak Penuhi Syarat
Penumpang bersiap menaiki kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta. Foto/Dok Antara
A A A
JAKARTA - Pada masa larangan mudik saat ini, pemerintah masih mengizinkan beberapa kelompok masyarakat untuk berpergian ke luar kota. Namun, tujuannya bukan untuk mudik lebaran melainkan kepentingan khusus seperti perjalanan dinas atau kepentingan mendesak dengan persyaratan surat jalan atau dinas.

Kepala Humas PT KAI Daop I Eva Chairunisa mengatakan, meskipun sudah ada himbauan namun masih ada saja calon penumpang yang tak mematuhinya. Hal tersebut terlihat dari jumlah penumpang yang dibatalkan tiketnya karena tak memiliki dan melengkapi persyaratan.

“Ada juga calon pengguna yang sudah membeli tiket namun batal melakukan perjalanan karena persyaratannya tidak lengkap,” ujarnya kepada MNC Portal Indonesia, Selasa (11/5/2021).



Oleh karena itu, dia mengingatkan agar mereka yang akan pergi ke luar kota untuk mengecek persyaratannya terlebih dahulu. Adapun aturan dan persyaratan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Satgas Covid-19 nomor 13 Tahun 2021 dan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) nomor 13 tahun 2021.

Dalam SE Satgas Covid dan Permenhub, ada beberapa kelompok masyarakat yang diperbolehkan untuk berpergian ke luar kota, diantaranya untuk kepentingan perjalanan dinas dan keperluan mendesak seperti kunjungan duka cita hingga untuk tujuan persalinan.

Namun, bagi kelompok yang dikecualikan ini ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar diizinkan untuk berangkat. Pertama adalah harus mendapatkan surat izin dari lurah bagi yang memiliki urusan keluarga dan surat tugas dari kantor disertai dengan cap basah untuk yang ingin pergi dinas.



Untuk memastikan masyarakat yang menggunakan transportasi kereta bukan untuk tujuan mudik, salah satu caranya adalah dengan memeriksa dengan cermat syarat perjalanan orang.

"Perlu diketahui lagi, kalaupun memang akan berangkat karena perdinasan harus jelas surat yang dibutuhkan adalah surat jalan yang menjelaskan akan dinas kemana, untuk kepentingan apa dan tanggal berapa,” jelasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3967 seconds (0.1#10.140)